Untukmu yang Super Sibuk, Yuk Praktikkan 5 Tips Ini Agar Manajemen Waktumu Makin Efektif

Untukmu yang Super Sibuk, Yuk Praktikkan 5 Tips Ini Agar Manajemen Waktumu Makin Efektif image

Kesibukan itu bisa dibilang sebuah anugerah. Jadi, mulai sekarang coba minimalisir keluhan kamu dan ingatlah kalau di luar sana masih banyak pengangguran yang pengen banget punya kesibukan. Nah, kamu udah termasuk orang yang bersyukur belum nih, Squad? To make you stay happy di tengah banyak kesibukan yang kamu punya, kamu harus punya manajemen waktu yang efektif. Gimana tuh caranya? Di sinilah you will find the answer, coba praktikkan 5 tips di bawah ini ya!

 

Buatlah list untuk segala hal

Hayo ngaku, pasti kamu bakal sedih kan kalau ada agenda penting yang ternyata malah kelewat nggak kamu lakuin? Karena itulah, yang mesti kamu lakuin tiap hari adalah bikin to do list atau jadwal harian. Nggak hanya asal bikin aja, kamu juga harus punya komitmen sama diri kamu sendiri buat bener-bener nepatin jadwal itu satu persatu. Soalnya, kalau salah satu jadwal dilanggar bakalan bikin jadwal lainnya ikut berantakan. Inget baik-baik ya, jadwal adalah kunci supaya manajemen waktu yang baik bisa kamu miliki

"Jadi, kalau kamu punya seabrek kegiatan, jangan pernah ngeremehin jadwal yang udah kamu bikin sendiri ya. Biar gampang, nyusunnya sesuai skala prioritas aja."

 

Jangan biasakan menunda

Tanamkan betul pada diri kamu, jangan pernah nunda apapun yang bisa kamu kerjain sekarang. Karena yang namanya menunda itu bakal menyulitkan banyak hal lainnya di belakang. Ini sama aja dengan masalah hutang piutang. Apapun alasannya, ngejadiin utang sebagai jalan keluar bukannya tetep aja nggak baik ya, Squad? Nunda-nunda pekerjaan itu adalah kebiasaan buruk dan nggak bertanggungjawab. Parahnya lagi, kalau kamu terus melihara kebiasaan ini, bakal jadi penghalang terbesar dalam usahamu me-manajemen waktu.

"Biasain diri kamu buat nyicil segala sesuatunya sedikit-sedikit setiap hari. Percaya deh, kerjaan kamu bakal jadi lebih ringan nantinya."

 

Gunakan segala sesuatu yang nyaman

Apa sih hubungannya hal yang satu ini sama manajemen waktu? Jangan salah, ternyata memakai atau menggunakan segala sesuatu yang nyaman di badan, bakal bantu pikiran kamu buat stay focus dan konsentrasi dalam nyelesein semua kerjaan. Alias nggak akan keganggu sama hal-hal nggak penting kaya sepatu wanita yang kesempitan atau baju kerja yang kedodoran.

"Semua atribut yang kamu pakai tetep harus disesuaikan dengan aktivitas kamu. Pandai-pandailah memilih baju resmi tapi santai, sepatu kekinian  yang pas di kaki, dan yang lainnya. Jangan cuma terpengaruh sama harga murah, yang penting kamu nyaman dan bisa beraktivitas dengan tenang ya!"

Buatlah tenggat waktu

Sebelumnya kamu harus tahu dulu, berapa lama waktu yang bakal kamu butuhin buat nyelesein satu pekerjaan. Atau mungkin kamu udah paham, kalau biasanya malah ngabisin waktu sampai dua kali lipat dari rencana awal. Di sinilah, deadline atau tenggat waktu bakal kamu butuhin banget.

“Biar lebih efektif dalam manajemen waktu, kamu bisa ngasih reward and punishment buat diri kamu sendiri. Hal ini berguna supaya kamu bisa lebih greget lagi buat nyelesein segala kerjaan kamu tepat waktu.”

 

Beri jeda untuk dirimu sendiri

Poin yang satu ini juga nggak kalah penting, Squad. Kalau kamu udah berhasil nyelesein semua kerjaan yang udah kamu jadwalin, ada baiknya kamu langsung istirahat aja. Inget ya, your body is your greatest asset. Tubuhmu juga butuh waktu buat ngembaliin energi yang udah kebuang. Caranya sederhana, kamu cukup tidur siang selama 15 menit aja misalnya, atau jalan kaki buat beli camilan kesukaan di warung depan gang. Hal kaya gitu bakal bantu kamu dalam masalah manajemen waktu, lho.

“Sesibuk apapun kegiatan kamu, kamu tetep butuh waktu buat diri kamu sendiri. Sebisa mungkin, dari jadwal yang kamu buat, berilah waktu untuk tubuhmu beristirahat."

 

Apa kamu punya tips lain yang jadi andalan dalam usahamu memanajemen waktu di tengah kesibukan yang super padat, Squad? Bisa kamu tulis di kolom komentar biar semuanya tahu ya. Anyway, udah baca artikel AMAZARA soal hoarding yang bisa bikin kamu nggak produktif? Kalau belum, nggak ada salahnya kamu klik link ini :)

 

Latest Posts