The 8th Habit : Satu Kebiasaan Tambahan Biar Hidup Kamu Makin Efektif!

The 8th Habit : Satu Kebiasaan Tambahan Biar Hidup Kamu Makin Efektif! image

Buku ini adalah lanjutan dari  The 7 Habits of Highly Effective People, karya penulis yang sama. Pasti banyak dari kamu yang udah pernah baca kan, Squad? Secara buku The 7 Habits tadi udah jadi best seller sejak published tahun 1989, over 15 million sold. Jadilah buku lanjutannya ini menarik juga buat kita baca. Dengan catatan, kalo emang kita pengen punya hidup yang makin efektif terus setiap harinya.

Dari poin pertama sampe tujuh masih sama aja isinya, nah yang jadi habit ke-8 adalah, find your voice and inspire others to find their voice. Gimana biar hal itu bisa jadi kebiasaan? Simak yuk apa aja yang bisa kita lakuin, Squad!

 

To find your voice, ada 4 hal yang bisa kamu jadiin pegangan

Voice’ di sini didefinisiin sebagai kepentingan pribadi yang unik (unique personal significance). Meski find your voice ini keliatannya susah, but there are 4 things that can guide us to find our inner voice. Kamu harus paham dulu apa yang jadi vision, passion, dan conscience kamu. Nggak cuma itu, satu yang terakhir adalah kamu harus disiplin dan fokus buat nekunin hal-hal tadi.

 

Ask your mind : what's your vision in life?

Kalo udah punya visi, discipline your body to make it happen. Stop making excuses! Kalo udah jelas apa yang jadi visi kamu, silahkan berkomitmen sama diri kamu sendiri buat ngewujudin dalam jangka waktu yang udah kamu sepakatin. Pay attention on what keeps you going when everyone else may say quit. That is your passion and it comes from your heart.

Setelah visi dan passion kamu ‘ditemuin,’ masih ada lagi yang dibilang paling berat. Find conscience thru spirituality! It's understanding universal principles like fairness, honesty, respect. It's understanding what's right and wrong.

 

Inspiring others to find their voice – the leadership challenge

“Through leadership, leadership is communicating to people their worth and potential so clearly that they come to see it in themselves.”

Jadi intinya, buku ini ngajarin kalo to be ‘GREAT’, one must learn how to find their inner voice and inspire others to find theirs too. Dan ini practical banget, karena di dalemnya juga ada poin-poin tentang business management. Kaya gimana caranya biar team kita bisa punya inisiatif tanpa harus ada supervisi berlebihan.

Juga gimana caranya mimpin orang-orang yang kerja dari bawah (kaya OB misalnya), supaya bisa naik karirnya sampe jadi manager. Termasuk soal cara ngembangin SOP dan peraturan perusahaan biar bisa beneran dipatuhi alias nggak jadi pajangan doang.

Semoga berguna ya Squad review buku karya Stephen R. Covey ini. Mulai sekarang, yang harus kamu lakuin adalah nemuin dan ngenalin keunikan diri kamu sendiri. Semangat ya! :D

Kalo kamu udah baca juga, bisa share di kolom komentar ya apa aja sih poin-poin favorit kamu.

"Dan kamu bisa kasih masukan juga soal buku-buku apa yang layak kita review selanjutnya di sini, Squad. Happy reading :D"

Latest Posts