Simple Guide to be Independent. Jadi Cewek Tangguh dan Mandiri Itu Penting, Squad!

Simple Guide to be Independent. Jadi Cewek Tangguh dan Mandiri Itu Penting, Squad! image

Zaman now, udah bukan waktunya lagi jadi cewek manja dan bergantung sama orang lain. Kamu pasti udah pernah denger yang namanya emansipasi kan, Squad? Nah, sejak emansipasi wanita ini tercapai, sejak itu jugalah cewek-cewek dituntut buat jadi mandiri. Gimana caranya? Ikutin tips yang AMAZARA rangkum ini yuk!

 

Be bold

Kamu harus berani, karena berani adalah koentji! Berani ngungkapin pendapat kamu dan berani buat jalan atau traveling sendiri. Kamu kudu percaya Squad, kamu bakal kelihatan jauh lebih cantik pas kamu berani ngutarain apa yang ada di pikiran kamu.

"Di era modern kaya gini, kita udah dikasih kebebasan buat ngelakuin apapun. Tapi, kamu harus bertanggungjawab ya!"

 

Find a role model

Punya role model dalam hidup ini emang penting banget. Tujuannya, biar kamu terus semangat buat jadi apa yang kamu pengen, termasuk buat jadi cewek independen. Sah-sah aja kok ngejadiin Kate Middleton, Tavi Gevinson atau Maudy Ayunda sebagai role model kamu Squad.

“Meski Kartini udah nggak ada, tapi ketangguhannya masih bisa kamu liat dalam banyak cewek di seluruh dunia.”

 

Believe in ourselves

Kesulitan dalam kehidupan sehari-hari emang bakal terus kamu temui. Apalagi kalo kesulitan itu ternyata berhubungan sama pekerjaan yang identik dengan laki-laki. Eits, bukan berarti kamu nggak bisa lho ngelakuin hal yang biasa dilakuin cowok, Squad. Mulai sekarang kamu kudu belajar percaya sama kemampuan diri kamu sendiri.

 

Make decisions

Cewek independen itu nggak pernah takut buat ambil resiko. Soalnya, mereka ngeliat resiko sebagai sebuah tantangan yang justru bisa macu diri sendiri biar kerja lebih keras dan lebih rajin lagi. Karena nggak takut ambil resiko, mereka juga sering buat keputusan tanpa ngandelin orang lain.

"Di dunia ini ada banyak cewek hebat yang berani ngelakuin hal berbeda dari orang-orang sekitarnya lho. Kaya cewek yang berani nyalonin diri jadi presiden misalnya."

 

Find your own financial source

Jangan pernah bergantung pada siapapun soal biaya hidup kamu ya, Squad. Sesekali nerima bantuan dari orangtua atau temen emang nggak ada salahnya, cuma buat ngehargain kebaikan mereka. Tapi jangan pernah jadiin bantuan itu sebagai tumpuan terus-terusan. Dapetin kerjaan, penghasilan, dan simpenan dengan duit kamu sendiri.

"Coba deh bayangin, bukannya enak ya bisa beli baju kondangan, sepatu kekinian, kuliner mengenyangkan pake duit kamu sendiri?"

Nggak cuma dalam kehidupan sehari-hari, dalam hubungan sama pasangan pun kamu harus bisa jadi cewek independen. Gimana caranya? Kamu bisa berbagi peran secara adil demi hubungan yang seimbang. Kalo kamu ada cara lain, bisa tulis di kolom komentar ya Squad! :D

Latest Posts