Seberapa pun Smart Ponsel-mu, Dia Nggak Akan Bisa Kasih Kamu Hal-Hal Ini

Seberapa pun Smart Ponsel-mu, Dia Nggak Akan Bisa Kasih Kamu Hal-Hal Ini image

Sebuah survey menyebut kalau cewek lebih milih main hape daripada seks, karena hal tersebut lebih bikin mereka happy dan nyaman. Well, we need to say that, no one in this century could live without smart phone rigth? Smart phone udah jadi kebutuhan primer layaknya baju yang kamu pake dan makan sepiring nasi padang buat makan siangmu. That’s okay, because we can do so many great things from this little gadget. Kita bisa komunikasi sama orang yang kita sayang, terima email tugas dan deadline kerjaan, bahkan kita bisa nyelesein tugas-tugas harian kita over the phone! Tapi sayangnya, setiap hal pasti selalu punya dua sisi nih Squad, ada baik ya pasti ada buruknya. Smart phone bisa jadi buruk buat kamu, kalau kamu udah lebih sering natap layarnya, daripada natap mata manusia di sekitarmu. Itu berarti kamu udah ketagihan, kepalamu selalu nunduk ke arah gadgetmu, padahal belum tentu hal yang lagi kamu lakuin bermanfaat—stalking mantan misal salah satunya :p

Banyak hal yang harusnya nggak jadi kebablasan ketika kita main ponsel, banyak obrolan berkualitas bareng orang yang kita sayang terlewat begitu saja karena kita terlalu fokus baca-in timeline social media. Dilansir dari Create Cultivate, ini dia 5 hal yang nggak bisa dikasih ponsel kamu, seberapa pun smart-nya dia!

Mengurangi distraksi

Iya sih, emang katanya cewek itu sosok yang multitasking, lebih jago ngelakuin banyak hal sekaligus dibanding cowok. But let’s face it. Kalo multitasking nya itu nyetir sambil bales chat di hape, atau jalan sambil ngecek timeline gebetan, apa iya enak? Banyak hal yang akhirnya selesai ngelewatin target, karena kita ngerjain hal itu sambil terus kasih perhatian ke ponsel kita, tiap kali bunyi ditengok, tiap kali geter dicek. Sigh.. kalo skripsi mau lebih cepet kelar, cobain deh ngerjainnya sambil jauhan sama ponselmu.

Bikin ingatan lebih kuat

Ini yang tanpa kita sadari jadi pengaruh negatif smart phone yang paling utama, bikin daya ingatmu semakin lemah. Bahkan sekarang, untuk nginget nomor telepon kita sendiri aja, kita susah banget ngapalnya. Padahal nih zaman dulu, kita mau nggak mau harus nginget banyak nomor telepon rumah temen sekolah kita, kerabat kita juga teman main kita di kompleks. Penelitian yang dilakukan sama neuroscientist Veronique Bohbot and her team juga nemuin kalau bergantung sama navigation device bisa banget nurunin fungsi hippocampus di otakmu, fungsi ini yang berpengaruh banget sama daya ingatmu loh. Jadi kalo otakmu mau tetep sehat, coba main ke tempat baru tanpa pake google maps atau semacamnya.

Take less selfies and find more selflessness

Stay away bentar dari ponselmu bisa bikin kamu lebih aware sama banyak hal menarik lain di sekitarmu. Kamu bisa nikmatin kemacetan yang lagi terjadi di depanmu, FYI, lampu kendaraan yang ditatap dari jembatan penyebrangan di waktu malam hari saat macet—itu indah lho. Kamu juga bisa lebih sering kasih senyum ke orang yang papasan sama kamu di kampus, atau event di jalan kompleks waktu mau berangkat buat aktivitas—karena kamu

Rajin ngomong

CNN reported kalo satu dari tiga orang di Amerika lebih milih nge-chat daripada ngangkat telepon. Padahal nih Squad, bahasa bibir dengan bahasa tulisan itu intonasinya beda loh. Tanya aja deh sama yang pengalaman pacaran LDR, berapa kali coba mereka harus berantem karena salah paham sama intonasi pas chat-chat-tan hehehe. Sekarang padahal udah banyak lho aplikasi chat yang juga nyediain jasa voice call or video call, karena gimana pun lucunya emot gemesh or senyum, tetep lebih berarti senyum kamu yang dilihat langsung sama si dia ea ea.

More creative while you bored

Bosen dikit ngecek hape, bosen dikit ngechat temen, bosen dikit scrolling path, hmm.. nggak berasa apa kalo hidup kamu sedih banget. Coba tiap bosen dikit kamu buka laptop terus nerusin tugas yang belum kelar, atau bosen dikit kamu buka notebook kamu terus gambar style kamu hari ini, atau bosen dikit kamu buka lagi buku baru yang udah numpuk tapi belum sempet dibaca. Be more productive while you feeling bored!

It’s time to show your phone who’s boss. Jangan sampai kamu yang disetir sama teknologi sampai lupa waktu, sampai lupa siapa yang harusnya kamu sayang duluan :)

words: falafu

Latest Posts