Pesan #30anuntuk20an. Dari 7 Nasihat Ini, Mana Nih yang Paling Ngena Menurut Kamu, Squad?

Pesan #30anuntuk20an. Dari 7 Nasihat Ini, Mana Nih yang Paling Ngena Menurut Kamu, Squad? image

Minggu lalu, hari Kamis (22/2) tepatnya, tagar #30anuntuk20an rame banget dibagiin sama banyak orang di Instagram. Apa kamu salah satunya, Squad? AMAZARA sih iya, salah satu yang ikut nge-repost aja. Soalnya, kalo ikutan berbagi petuah atau nasihat belum umurnya, hehehe.

Singkat cerita, tagar ini dibuat sama @nikeprima yang merupakan seorang creative director di @livinglovingnet. Berawal dari iseng, nyatanya banyak juga orang yang ngerasa 'nyambung' sama bahasan yang Kak Nike bikin di sosmed. Kak Nike udah mau ngejalanin hampir 4 dekade hidupnya, karena itulah doi pengen berbagi 'nasihat' buat kita yang masih ada di umur 20an. Simak yuk apa aja pesen dari #30anuntuk20an ini :D

 

Impulsiflah kamu sebelum impulsif aja susah

Being impulsive itu nggak selamanya buruk kok. Asalkan, nggak ngerugiin orang tua atau orang lain, pake duit sendiri, yang pasti duit halal alias bukan hasil korupsi atau ngutang. Mereka yang udah masuk fase 30an bilang, di kepala tiga segala sesuatunya bakal perlu perhitungan dan nggak bisa impulsif lagi.

“Buat kamu yang 20an, go try, start, feel, buy, and touch something new!

 

Go travel! Sebelum kalo travel harus dikali empat orang

Percaya nggak percaya, nggak ada pengalaman yang bener-bener bisa ngebuka mata selain traveling. Kamu bisa belajar survive dan komunikasi sama orang lain dari budaya berbeda. Di umur 30an nanti, kamu bakal punya tanggung jawab yang lebih besar lagi soalnya. Jadi, nggak perlu ditunda ya!

 

Kalau udah tahu mau jadi apa, cari mentor dan belajar yang banyak

Kalo emang udah punya mimpi yang ternyata sejalan sama passion, kamu tunggu apalagi Squad? Segera cari mentor yang tepat. Kalo bisa sih bukan dari keluarga dan bukan seseorang yang cuma mikirin keuntungan aja. Tapi pilih mentor yang bener-bener berpengalaman di bidang yang kamu minati dan bisa kamu percaya.

 

Nabung, nabung, nabung! Jangan nabung di SBUX dan Sushi Tei melulu

"Kalo kamu pikir dengan gaji minim dan usia masih muda itu nggak perlu nabung, kamu salah besar!"

Usia 20an biasanya kamu baru aja lulus kuliah dan mulai kerja. Karena gaji yang kamu dapet masih sebatas UMR, maka kamu harus lebih rajin nabung dan berinvestasi. Biar nggak nyesel di masa depan nanti, kamu harus belajar ngatur keuangan sejak dini.

 

You just need to start now!

Jangan terlalu banyak nyimpen ide tanpa ngelakuin apapun buat ngewujudinnya. Di umur 20an ini, kamu harus berani ngambil resiko. Lakuin sesuatu yang mungkin menurut orang lain dinilai gila. Kalo perlu, kamu bisa bikin perusahaan. Walaupun gagal, coba lagi dan coba lagi.

 

Nggak semuanya harus dipamerin di socmed

Sebisa mungkin pakailah sosmed dengan bijak, Squad. Alasannya cuma satu, biar nggak bikin orang lain kesel. Namanya juga sosmed, pasti banyak orang yang follow akun kamu. Kalo selama ini kamu sering banget post foto makanan, baju dan sepatu baru, selfie, sampe kemesraan bareng pasangan, kurang-kurangin ya.

"Asal kamu tahu, pamer kemesraan di dunia maya nggak bakal bikin awet hubungan kamu."

 

Please jangan baperan dalam segala hal

Baper sering banget jadi alasan seseorang buat nggak semangat ngejalanin aktivitas. Akibatnya, banyak anak muda yang ngabisin waktunya cuma buat bergalau ria. Padahal, banyak  banget hal yang mesti kamu kejar dibanding buru-buru pengen nikah misalnya. Baper boleh, tapi jangan keseringan.

Dari 7 pesan #30anuntuk20an di atas, mana nih yang paling ‘jleb’ menurut kamu, Squad? Dan apa aja sih yang pengen banget kamu lakuin di usia 20an ini? Bisa share di kolom komentar ya. Kalo kamu pengen nikah, jawab 9 pertanyaan ini dulu yuk buat tau kamu beneran siap apa belum. Enjoy your twenties, ya! :)

Latest Posts