PEMASARAN KREATIF BISA MENJADI PILIHAN

PEMASARAN KREATIF BISA MENJADI PILIHAN image

Berbagai cara mempromosikan dan memasarkan produk dilakukan pelaku usaha kreatif. Salah satu cara adalah menyajikan berbagai cerita di balik proses pembuatan dan promosi produk di media sosial Instagram sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar. Hal itu disampaikan Head of Marketing and Merchandising Amazara Andrea Naomi saat acara jumpa media terkait Instamarket di Jakarta, Jumat (3/11).

Amazara.co.id merupakan situs e-dagang yang antara lain menjual produk sepatu lokal. Menurut Andrea, dalam memasarkan produk melalui Instagram, Amazara menekankan penyajian berbagai cerita di balik pembuatan dan promosi produk. Cerita yang dibuat didasari oleh kebutuhan dan tren pasar. Melalui cara itu, konsumen diharapkan menjadi lebih tertarik dengan produk sepatu yang dipromosikan. Andrea menambahkan, produk sepatu Amazara merupakan produk lokal.

Account Manager Facebook Mark Nathaniel Barki mengungkapkan, ada lima langkah awal yang diperlukan dalam berbisnis di Instagram. Kelima langkah itu antara lain mengubah profil pribadi menjadi profil bisnis dan memiliki page di Facebook. Selain itu, lanjut Mark, langkah lain yang diperlukan adalah mengatur profil bisnis yang komunikatif dengan konsumen dengan produk visual yang bagus sesuai kebutuhan audiens.

"Saat ini ada sekitar 18 usaha berskala kecil dan menengah (UKM) yang tergabung dalam bisnis Instamarket melalui Instagram."

UKM itu antara lain bergerak di bidang usaha pembuatan dan penjualan produk pakaian anak-anak, aksesori, dan produk kerajinan tangan. Sementara itu, perkembangan pesat teknologi informasi membuat sebagian masyarakat mulai beralih untuk belanja secara daring.

"Sebelum teknologi informasi merambah penjualan daring, masyarakat suka ke mal, supermarket, atau swalayan untuk membeli kebutuhan"

Perkembangan teknologi informasi menyediakan kesempatan belanja daring sehingga waktu ke mal berkurang. Hal tersebut disampaikan Kepala Grup Advisori dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Rahmad Dwi Saputra, Jumat, di Semarang.

Source : Kompas

Latest Posts