Obrolan Senja Tentang Bisnis Bareng Sorcha

Obrolan Senja Tentang Bisnis Bareng Sorcha image

Memulai bisnis dengan partner emang seringkali tricky dan nggak mudah, Squad. Tapi ternyata, ada loh yang sukses jalanin bisnis mereka. Salah satu kuncinya ternyata berbisnis bareng sodara sendiri!

Sorcha, brand yang mungkin udah familiar buat #AmazaraSquad. Soalnya, kita udah pernah kerjasama bikin giveaway bareng Sorcha, yang thankfully waktu itu banyak sekali pesertanya hihihi.

Ternyata, di balik brand ini ada dua sosok perempuan hebat yang juga bersaudara lho, Squad! Yes, mereka adalah Soraya & Chairunnisa. Dan nama brand Sorcha sendiri diambil dari gabungan nama kedua kakak-beradik ini–what a cute name yah!

Kali ini, kita bakalan ngobrol bareng Sorcha tentang keseruan mereka bangun bisnis square-hijab yang sekarang udah punya puluhan ribu followers di Instagram @bysorcha.

Bisnis yang baru dirintis kakak beradik sejak 1 tahun lalu ini sekarang udah nunjukin hasil yang cukup menjanjikan lho Squad :D

Langsung aja yuk simak wawancara editor Amazara, Falafu, waktu chit-chat bareng Sorcha beberapa waktu yang lalu. Biar bisa kita contek semangatnya buat memulai bisnis di usia muda, plus bangun bisnis dengan keluarga sendiri!

A: Ceritain dong, ide awal buat bangun brand Sorcha

S: “Awalnya emang udah pengen banget punya bisnis sendiri, tapi masih bingung apa yang kira-kira cocok sama kami, yang bener-bener kami suka dan jadi kebutuhan sehari-hari juga. Terus, karena kami berdua kebetulan pake kerudung dan hobi banget beli macem-macem kain motif buat dibikin kerudung sendiri."

"Jadi mulai banyak orang terdekat yang suka nanya ‘kak beli di mana kerudungnya?’ Akhirnya muncul deh ide buat bikin hobi ini jadi bisnis beneran, terus kita kasih nama Sorcha dari nama kita berdua.”

A: Kapan kalian berdua ngerasa kalo Sorcha punya chance gede buat sukses kaya sekarang?

S: “Sekitar 6 bulan jalan, followers @bysorcha meningkat dan itu juga bikin orderan makin banyak. Hal ini yang bikin akhirnya kami yakin buat nekunin bisnis. Tapi hasil ini nggak dengan instan kami dapet, kami juga butuh promo dengan endorse banyak selebgram buat terus ningkatin followers dan terus ngenalin produk kami di Instagram."

"In another way, kami juga selalu pakai produk kami sendiri, terus sering post foto di Instagram pribadi, jadi kaya iklan berjalan gitu hehe offline dan online.”

Salah satu founder Sorcha, kak Chairunnisa.

A: Dibanding banyak brand hijab lain, apa yang bikin Sorcha lebih unggul?

S: “Berdasarkan motif dan bahan yang kami pilih. Walau pun sampai sekarang Sorcha belum bikin motif sendiri, tapi kami nggak pernah sembarangan pilih motif yang ada di pasaran. Kebanyakan customer yang udah kasih testimoni juga bilang kalo mereka belanja di Sorcha karena suka sama pilihan motif dan tekstur bahannya.”

A: Kalian berdua kan kakak beradik, ceritain dong serunya bangun bisnis bareng keluarga sendiri!

S: “Seruuu, enaknya lagi tiap ada masalah bisa langsung diselesaikan nggak pake nunda-nunda karena kami berdua tahu mau digimanain bisnis ini."

".. Ini bikin jadi lebih gampang buat sharing bareng. Kebetulan juga selera kita sama.”

Walau pun usia Sorcha masih muda banget, kesulitan apasih yg paling diinget kalian berdua waktu mulai ngerintis bisnis online?

S: “Saat kami membeli bahan di sebuah toko, kami harus bawa semua barang belanjaan kami sampe 3 bungkusan besar (seukuran kantong semen) dan kami harus membawanya dari toko tersebut ke rumah yang jaraknya lumayan jauh dengan hanya menggunakan motor, antara sedih sama lucu ngingetnya hahaha.”

“Terus juga waktu pertama kali kami cari tukang jahit, awalnya beberapa kali kami dapetin tukang jahit yg ga sesuai hasilnya, sehingga kami harus membongkar jahitan dan menjahit ulang sendiri. Sampe akhirnya kami dapetin tukang jahit yang sesuai dan cocok dengan apa yg kami mau. Alhamdulillah bertahan sampai sekarang.”

A: Sorcha punya tips apa sih buat bikin bisnis keluarga ini bisa terus berkembang?

S: “Saling percaya, jujur, bersedia terima pendapat satu sama lain, saling memotivasi, dan harus yakin bisnis yang kami punya sekarang Insha Allah sukses.

Selain itu jelas kerja keras, sama jangan lupa sedeqah. Berdoa dan berusahanya harus balance.”

A: Buat Amazara peran customer itu penting banget buat kelangsungan hidup sebuah brand, pasti begitu juga buat Sorcha. Nah, so far gimana Sorcha menilai tipe customer online shop di Indonesia?

S: “Tipenya macem-macem banget. Tapi sangat disayangkan, masih banyak customer yang kurang teliti membaca keterangan yang udah kami tulis dengan sangat jelas di caption, jadi sering masih menanyakan hal yang sudah kami broadcast (di LINE) atau kami tulis di Instagram. Walau pun nggak sedikit juga yang udah mengerti dan bijak setiap melakukan pemesanan. Intinya harus selalu sabar.”

Co-founder Sorcha, kak Soraya.

A: Ada tips nggak nih buat Amazarasquad yang juga pengen nyoba bangun bisnis online sambil sekolah/kuliah?

S: “Pilih bisnis apa yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, jadi kamu ga akan terlalu kesulitan menjalaninya. Harus optimis dan percaya diri dengan apa yg kamu jalani.

Jangan takut memulai bisnis pertama kamu, karena dalam hidup ini selalu ada awal dalam setiap hal.

Yang paling penting juga harus fokus dalam membagi waktu antara sekolah atau kuliah dan bisnis online shop kamu.”

Ngomongin soal optimis dan percaya diri, kamu bisa baca juga di artikel Amazara sebelumnya tentang 5 sifat entrepreneur kalo kamu serius pengen ngebangun bisnis sendiri!

Huah, Seru banget ya Squad ngobrol bareng Sorcha! Belum mau selesai rasanya hehehe.. yang pasti usaha nggak bakalan ada yang sia-sia, kamu bisa cek Instagram-nya @bysorcha dan check their product soon!

Salah satu bukti kesuksesan mereka adalah gimana hampir 90 persen produk yang mereka jual selalu SOLD OUT saat open order.

Wow banget ya duo sister ini! Semoga makin sukses ya Soraya dan Chairunnisa :D

Buat kamu yang juga pengen tahu seluk beluk brand online shop lain, boleh banget lho sebutin online shop favorite kamu di kolom komen, siapa tahu kita bisa ajak juga ownernya buat ngobrol bareng :D

Latest Posts