Nggak Selamanya Nangis Itu 'Cengeng,' Ini 5 Manfaatnya Buat Tubuh!

Nggak Selamanya Nangis Itu 'Cengeng,' Ini 5 Manfaatnya Buat Tubuh! image

"Experiencing sadness and anger can make you feel more creative, and by being creative, you can get beyond your pain or negativity." - Yoko Ono

Emang sih, cewek itu identik banget sama kata ‘cengeng’. Tapi apa iya nangis itu sebegitu nggak bermanfaatnya? Kan nggak mungkin dong ya, Tuhan nyiptain sesuatu yang worthless? Nah, AMAZARA nemuin nih beberapa manfaat yang bisa dikasih dari 'kegiatan' menangis yang biasanya suka di-cengin sama cowok-cowok atau cewek-cewek yang ngerasa strong gitu. Abis baca ini semoga kamu sadar, kalo yang namanya nangis itu normal.

 

Ngelepasin racun

Kalo kamu pengen tau manfaat utama dari nangis, ini jawabannya.  Yaitu, bisa ngebantu kita ngeluarin senyawa kimia leucine encephalin yang biasanya dipicu sama stres. Nah, keluarnya senyawa ini bakal ngebantu ngeredain rasa sakit yang dialami tubuh.

"Inilah yang jadi penyebab kita bakal ngerasa agak baikan habis nangisin suatu hal."

Make you stronger

Selama ini kalo sedih terus nangis, kita sering dianggep lemah. Tapi nggak selamanya kaya gitu lho, Squad. Nangis bisa jadi jalan buat ngelatih kejiwaan kita. Karena ngelepasin keresahan jauh lebih oke daripada dipendem dalem hati aja. Hal ini bisa bikin jantung dan hati kita lebih kuat. Jadi ke depannya, masalah kecil nggak akan bisa bikin kita ngerasa sedih dan nggak berdaya.

"Nangis ngebantu kita mengekspresikan dan ngelepasin perasaan tertekan yang ada di dalam diri."

Lebih santai

Coba deh rasain, setiap kali abis nangis, kita pasti lebih relaks dan ngerasa lega. Nangis ternyata bisa ngelepas hormon endorphin yang bisa jadi obat penghilang rasa sakit di dalem tubuh. That's why, habis nangis sepuasnya, kita bakalan ngerasa lebih siap buat ngadepin tantangan hidup yang lain.

 

Terhindar dari gangguan jantung

Beberapa studi ngebuktiin, kalo orang yang lebih bisa mengekspresikan rasa sakit lebih jarang menderita penyakit jantung. Kalo kamu pengen pas tuanya nggak jantungan, selain rajin olahraga kamu juga nggak boleh jadi cewek yang ‘sok kuat’. Tapi, jadilah cewek yang berani jujur sama perasaan kamu sendiri.

"Nggak cuma kehindar dari penyakit jantung, tapi nangis juga bisa nurunin hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam tubuh."

Ngebersihin mata

Bola mata butuh pelumas buat ngelindungin mata dari debu dan bakteri. Itulah kenapa, kalo mata kita bersentuhan sama debu atau bakteri, mata bakal berair. Nah, air mata yang tercipta ini adalah antibakteri buat nyapu debu tadi.

Tulisan ini bukan ditulis buat ngedukung kamu jadi cewek cengeng, tapi biar kamu jadi cewek yang berani jujur dan pinter ngatur emosi yang ada di dalam diri kamu. Biar nggak nangisan lagi, kamu mesti jadi cewek yang percaya diri ya Squad. Gimana caranya? Tap this link, yuk! :D

Latest Posts