Nggak Melulu Baik, Ini 5 Bahaya yang Bakal Kamu Dapet Kalau Keseringan Main Sosmed

Nggak Melulu Baik, Ini 5 Bahaya yang Bakal Kamu Dapet Kalau Keseringan Main Sosmed image

Hari gini, orang kayanya lebih mending ketinggalan dompet dibanding ketinggalan smartphone. Ketinggalan dompet mah masih bisa minjem temen, tapi ketinggalan hape bisa bikin gagal eksis dong gara-gara nggak bisa update sosial media (sosmed). Apa kamu salah satunya, Squad? Kalau AMAZARA sih penting dua-duanya, hehehe. Sekarang coba kamu jawab, what is the first activity yang kamu lakuin setelah bangun tidur? Take your smartphone and cek segala notifikasi dari semua sosmed yang kamu punya? Then bikin status di facebook dan instagram stories. Pernah bayangin nggak gimana hidupmu tanpa main sosmed?

Ada sebuah penelitian dari University of Chicago Booth School of Business yang nyebutin kalau ternyata kecanduan sosmed itu jauh lebih susah disembuhin dibanding kecanduan rokok dan alkohol lho. Ngeri kan? Nggak cuma itu, 5 bahaya di bawah ini bakal kamu dapet if you are too often main sosmed. Let’s check ya!

Main sosmed itu justru menjauhkan mereka yang dekat

"Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat"

Mungkin kamu udah sering denger istilah kaya gini kan, Squad? Sekarang coba kamu inget-inget, berapa banyak temen kamu yang udah lama banget nggak ketemu dan akhirnya kalian saling menemukan di sosmed? Kalian jadi ngerasa deket lagi dengan ngobrol lewat sosmed hampir setiap hari. Nah kebalikannya nih, pas kamu sibuk main sosmed, apa kabar orang-orang di sekitar kamu? Karena sosmed kamu jadi cuek dan nggak ngobrol dengan mereka yang ada di samping kamu. Hiks, sedih ya!

Main sosmed bikin kamu boros juga lho

Hayo jujur sama diri kamu sendiri Squad, do you often feel envy sama temen-temen kamu pas mereka update their activity di Instagram stories misalnya? Jadi, boros itu bukan cuma soal beli paket data biar lancar main sosmednya aja. Tapi keborosan paling parah justru pas kamu ngeliatin timeline yang isinya gaya hidup serba keren orang lain. Abis ngeliat si A pake sepatu kekinian, kamu pun jadi pengen dan tergoda buat konsumtif beli barang yang sama kaya yang ada di postingan mereka. Duh, padahal gaya hidup orang lain itu nggak selalu bisa sesuai sama kemampuan finansial kita kan?

Main sosmed bisa jadi penyebab gangguan psikologis

Nah ini tadi, mereka yang udah kecanduan sosmed bakal punya resiko lebih besar buat kena gangguan psikologis. Hubungannya sama hormon dopamine yang selama ini make you feel happy. Coba deh sekarang gini, pas kamu ngecek notifikasi di sosmed dan ternyata emang banyak notif, hormon dopamine itu bakal bereaksi dan kamu otomatis jadi seneng. Tapi kalau malah kebalikannya yang terjadi, kamu pasti ngerasa sedih dan resah. Dan kalau udah masuk tahap kecanduan, kamu bakal kesel dan marah cuma karena hal ini. Berasa nggak penting banget kan?

“Menurut para pakar nih Squad, kalau tingkat penggunaan sosmed sudah di tahap addict, bakal susah banget untuk ngilanginnya. Butuh waktu dan proses yang lamaaa banget."

Main sosmed bikin kamu nggak produktif

Apa kamu masih bertanya, "kok bisa?" buat hal yang satu ini, Squad? Let's think deh, kamu pasti sering ngerjain tugas kuliah sambil buka facebook, atau sambil ngepoin instagram stories yang muncul di timeline kamu. Mata kamu lebih sering ada di halaman tugas atau di gadget nih? Belum lagi kalau kamu punya sosmed yang cukup lengkap, kamu bakal buka juga twitter, path, dan sosmed kekinian lainnya. Finally, tugas kamu yang harusnya bisa selesai cuma dalam waktu dua jam, gara-gara keasikan main sosmed malah bisa selese dalam waktu dua hari.

Main sosmed bisa buat kamu lupa jaga kesehatan

AMAZARA mau ngaku nih, selama ini sosmedlah yang jadi alesan begadang sampe tengah malem dan bangun kesiangan. Akhirnya jadi buru-buru, lupa sarapan, dan telat ke kampus deh. Are you also experiencing the same thing, Squad? Main sosmed juga bakal bikin kita lupa makan dan akhirnya kena penyakit maag. Nggak cuma itu, dengan main sosmed di depan smartphone atau laptop terus-terusan juga bakal bikin kita lupa sama yang namanya olahraga. Nah, sampai di sini kamu udah ngerti kan apa yang bakal terjadi sama tubuh kamu selanjutnya?

"Daya tahan tubuh kamu bakal jadi lemah dan gampang keserang berbagai penyakit."

Itu tadi beberapa bahaya atau hal negatif yang bisa kamu dapet kalau keseringan main sosmed, Squad. Mau eksis dan kekinian lewat sosial media nggak dilarang kok, tenang aja. Asal jangan keseringan dan berlebihan. Mulai sekarang, batasi diri kamu buat megang smartphone dan main sosmed ya! Daripada ngobrol jauh-jauhan, mending kamu kumpul sama temen-temen kamu sambil makan siang cantik. Eits, tapi kamu udah tahu belum tipe-tipe temen apa aja yang bisa kamu ajak dan pertahanin sampai tua nanti? Kalau belum, tap this link ya!

Latest Posts