Mulai dari Pisang, Sampai Barang-Barang Peninggalan Mantan. Kepoin 5 Museum Unik Ini Yuk!

Mulai dari Pisang, Sampai Barang-Barang Peninggalan Mantan. Kepoin 5 Museum Unik Ini Yuk! image

Kapan kamu terakhir kali dateng ke museum, Squad? Pas SMA, SMP, atau malah SD nih? Karena isinya cuma barang-barang sejarah yang kesannya ngebosenin, pasti kamu jadi males buat balik lagi. Iya nggak? Tapi ternyata, di dunia ini ada lho museum-museum yang isinya bukan arsip, fosil, dan barang-barang lawas yang cuma bikin bosen. Kepoin 5 museum unik di dunia versi AMAZARA ini yuk! Bukan bosen apalagi ngantuk, dijamin kamu malah bakal penasaran!

 

International Banana Museum

Kayanya di dunia ini banyak banget deh yang doyan makan pisang. Buktinya, sampe ada yang bikin museumnya segala lho di California, AS. Dilihat dari situs resmi museumnya, Banana Club, ide museum pisang ini berasal dari Ken Bannister, seorang direktur sebuah perusahaan manufaktur. Si Bannister ini awalnya nyebarin stiker pisang ke semua orang yang lewat. Tujuannya sederhana, buat narik perhatian dan bikin orang-orang itu senyum.

"Lama kelamaan, Bannister yang sekarang dikenal dengan nama 'Bananaster' akhirnya jadi pendiri Internasional Banana Club. Dia nerima banyak atribut pisang dan mutusin buat bikin museum pisang tahun 1976."

Di sini, kamu bakal ngeliat lebih dari 20 ribu benda yang terinspirasi dari bentuk dan warna kuningnya pisang. Ada juga banana bar, tempat dimana kamu bisa nikmatin banana smoothie, banana shake, banana split, dan banana-banana lainnya.

 

Museum of Broken Relationship

Museum unik yang satu ini ada di Zagreb, Kroasia. Sama kaya namanya, isi dari museum ini adalah barang-barang yang disumbangin sama orang-orang yang lagi patah hati. Mulai dari boneka beruang Teddy, borgol, sepatu lucu, foto, jam tangan, sampai kapak ada di sini.

"Mayoritas barang peninggalan mantan yang disumbangin berasal dari Britania Raya, yang tandanya ada banyak orang patah hati di sana."

Sampe sekarang, udah ada 300 ribuan benda yang ditampilin di museum ini. Semuanya di-display dengan apik di museum pake efek digital yang canggih. Nah, di samping setiap benda ada kisah yang ditulis langsung sama si 'pendonor.'

 

The Museum of Ice Cream

Kalau kamu pernah mimpi buat berenang di kolam penuh taburan es krim, di sinilah tempatnya. The Museum of Ice Cream udah dibuka di New York City, San Francisco, Los Angeles, dan Miami. Tenang aja, di museum unik ini kamu nggak bakal belajar soal sejarah es krim. Tapi kamu justru bakal dibikin kegirangan ngeliat instalasi galeri yang semuanya bertema es krim serba warna-warni.


"Ada banyak galeri yang bakal bikin siapapun terpukau. Ada galeri dengan popsicle raksasa, ribuan properti pisang bergantungan, patung gummy bear yang super gede, dan banyak yang lainnya."

Pengunjung museum ini dibatesin cuman buat 20 orang tiap setengah jam. Harga tiketnya sekitar Rp 400 ribu untuk dewasa dan Rp 240 ribu buat anak-anak.

 

Museum Ramen Shin-Yokohama

Dari namanya aja udah ketahuan, museum unik ini ada di Jepang, persisnya di Yokohama. Nggak cuma bisa ngeliat macem-macem ramen, tapi kita juga bisa belajar sejarah perkembangan ramen Squad. Kalo kamu minat buat bikin ramen sendiri juga bisa kok. Pemandunya bakal seneng banget ngejelasin sama kamu gimana cara bikin ramen yang enak.

"Di lantai paling atas museum ini, kita bisa nyobain macem-macem cita rasa ramen dari berbagai negara di seluruh dunia. Restonya didesain ala zaman Showa (tahun 1950-an). Asli, epic banget!"

 

Museum of Celebrity Leftovers

Pernah bayangin nggak, gimana kalo ada museum tapi ngoleksi bekas makanan orang? Duh, apa nggak basi ya? Dan museum unik inilah jawabannya. Di sini, ada irisan french toast yang nggak habis pas dimakan Justin Timberlake, ada potongan timun dari bekas makanan Mia Wasikowska, dan remah puding roti yang sempet dicicipi sama Pangeran Charles.


"Makanan-makanan sisa tadi disimpen dalem kaca tertutup dan dipamerin dalam salah satu ruangan di Old Boatstore Cafe, Cornwall, Inggris."

Kalo menurut kamu, dari 5 museum unik di atas, mana nih yang paling bikin penasaran buat didatengin? Share di kolom komentar yuk, Squad! Sekali-sekali bolehlah nyobain solo traveling aja dibanding rombongan sama temen. Dijamin, kamu bakal lebih menghayati perjalanan itu :D

Latest Posts