Menu-menu Sehat Buat Sarapan Pagi Kamu!

Menu-menu Sehat Buat Sarapan Pagi Kamu! image

Apa kamu termasuk salah satu orang yang sering ngelewatin sarapan atau makan pagi, Squad? Duh, kalau bisa mulai sekarang coba untuk minimalisir kebiasaan ini ya. Soalnya, banyak penelitian yang nunjukin kalau ternyata 'aktivitas’ makan pagi ini penting banget. Sarapan sehat dan kaya karbohidrat merupakan sumber energi yang prima buat otak kamu dan bakal berdampak pada kesehatan fisik serta mentalmu lho. Lalu, menu sarapan sehat apa aja sih yang bisa kamu santap? Yuk, simak baik-baik ya!

 

Oatmeal

Mungkin menu yang satu ini cukup asing buat kebanyakan orang Indonesia, apa kamu pernah mencobanya Squad? Oatmeal cukup mudah kamu temui di supermarket-supermarket. Ada dua jenis oatmeal, yang pertama adalah oatmeal instan yang cukup diseduh dengan air hangat aja. Dan yang kedua, oatmeal yang harus dimasak lebih dulu.

Oatmeal sendiri adalah bubur gandum yang mengandung serat cukup tinggi. Salah satu manfaatnya, yaitu bisa nurunin kadar kolesterol dan ngurangin resiko penyakit jantung. Apa kamu masih ragu kalau ini termasuk salah satu sarapan sehat?"

 

Beragam olahan telur

Eitss, jangan anggap remeh dulu, karena nyatanya telur merupakan menu sarapan sehat dan mudah yang bisa kamu coba. Percaya deh, protein merupakan sumber energi yang baik buat tubuh kamu. Kamu bisa bikin menu telur dadar, telur mata sapi, orak-arik telur, hingga omelet sebagai menu sarapan pagi.

“Telur mengandung gizi yang cukup lengkap, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium dan folate. Konsumsi telur setiap hari juga bisa mengurangi risiko penyakit stroke lho."

Jus buah

Kata siapa minum jus buah nggak ada bagus-bagusnya? Orang Indonesia mungkin masih kurang populer ngelakuin sarapan sehat dengan buah-buahan, tapi nggak ada salahnya kan kalau kamu nyobain, Squad? Ada beberapa buah-buahan yang baik buat sarapan pagi, kaya pisang, wortel, tomat, apel, melon, mangga, dan pepaya misalnya.

"Yang perlu kamu catat, jangan mengonsumsi buah yang terlalu asam di pagi hari. Jus yang kamu buat baiknya juga nggak ditambah sama banyak gula. Biarkan aja rasanya murni apa adanya."

Sandwich

Makan sandwich mungkin ibarat kaya kamu makai sepatu kekinian. Soalnya sarapan yang satu ini dikenal sebagai sarapan ala orang Amerika. Padahal nggak cuma bule, kamu juga sah-sah aja bikin dan makan sarapan sehat ini. Bahan utamanya adalah dua lembar roti, dengan topping kaya bawang bombay, telur rebus, irisan tomat, irisan keju, daun selada, dan minyak olive.


"Ada baiknya kalau kamu menggunakan roti gandum untuk bikin sandwich ini, Squad. Dua lembar roti gandum yang kamu konsumsi nantinya mengandung 80 kalori, yang bakal mengubahnya jadi sumber energi utama.”

Aneka olahan tahu

Jangan pernah ngeremehin bahan makanan berwarna putih ini ya, Squad. Tahu punya banyak kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori, mineral, fosfor, vitamin B kompleks, kalium dan kalsium. Nggak cuma itu, tahu juga mengandung 80% asam lemak tak jenuh yang nggak banyak mengandung kolesterol. Jadi, akan sangat aman buat kesehatan jantungmu.

"Kamu bebas mengolah tahu jadi menu sarapan sehat apapun lho, Squad. Entah itu omelet tahu saus kacang, bistik tahu, perkedel tahu, atau apapun. Yang penting kamu bisa dan kamu doyan."

 

Sereal dan susu

Kalau kamu nggak punya cukup waktu buat berkutat sama banyak bahan makanan di dapur, menu sarapan sehat yang satu ini bisa kamu jadiin pilihan, Squad. Kamu bisa nyampurin sereal dan susu di sebuah wadah. Supaya kandungannya lebih lengkap, kamu bisa pilih sereal yang mengandung whole grain ya.

“Adanya whole grain bakal bikin sereal punya serat tinggi dan kadar gula yang rendah. Biar lebih sehat lagi, pilih susu yang rendah lemak ya."

Onigiri

Kebanyakan orang Indonesia ngerasa hidupnya nggak lengkap kalau nggak makan nasi saat sarapan pagi. Kalau kamu juga ngerasain hal yang sama, kamu bisa buat onigiri sebagai menu sarapan sehat kamu. Tenang, nggak perlu waktu lama kok untuk membuatnya, hanya sekitar 4-8 menit aja, apalagi kalau kamu udah punya persediaan nasi sebelumnya.

“Kamu cukup membuat bulatan dengan nasi, mengisinya dengan isian sesuai selera kamu, lalu memberi nori atau lembaran rumput laut untuk mengikatnya. Daging ayam, telur, abon, atau sayuran bisa kamu jadiin alternatif isiannya."

Kalau kamu Squad, apa nih menu sarapan sehat yang jadi andalanmu? Bisa kamu tuliskan di kolom komentar ya! Apa kamu juga salah satu penggemar nasi goreng? Tenang, menu yang satu ini bisa juga sehat asal kamu tambahkan sayur saat kamu memasaknya. Cek link berikut deh untuk tahu nasi goreng paling favorit di Jakarta. Jangan lupa dicoba ya!

Latest Posts