Mending Protektif Atau Posesif? Cari Tahu Bedanya Dulu Yuk, Squad!

Mending Protektif Atau Posesif? Cari Tahu Bedanya Dulu Yuk, Squad! image

Apa cowok kamu sering banget ngelarang-larang kamu, Squad? Pas kamu lagi pengen banget jalan sama temen se-geng, dia malah nggak ngebolehin dan parahnya malah nyuruh kamu milih antara temen-temen kamu atau dia. Kalo kamu nanya alesannya apa, dia cuma jawab karena dia peduli sama kamu.

"Kalo jalan sama temen-temen cewek itu cenderung kurang aman. Mending kamu sama aku aja."

Cowokmu pernah ngomong gitu? Sebenernya wajar sih, karena semua cowok udah pasti punya naluri buat ngelindungin dan jadi protektif sama cewek yang emang dia sayangin. Tapi Squad, seringnya malah bukan protektif yang cowok tunjukin, tapi malah posesif. Pahamin yuk apa aja bedanya!

 

Protektif itu pengen ngelindungin, tapi posesif pengen memiliki

Secara harfiah, jelas banget bedanya antara sifat posesif sama protektif. Nah, menurut KBBI, protektif itu sifatnya melindungi. Jadi, kalo misal cowok kamu ngelarang-larang, tujuannya ya cuma buat ngelindungin kamu. Tapi, posesif maknanya adalah punya sifat cemburu.

"Apapun larangan dia, dasarnya bukan mau ngelindungin. Tapi cemburunya udah berlebihan banget dan pengen milikin kamu seutuhnya."

Protektif cuma ngingetin buat hati-hati, tapi posesif biasanya banyak nanya

Salah satu beda dari dua sikap ini adalah cara dia ngekhawatirin kamu, Squad. Cowok posesif bakal terus ngehubungin kamu tiap waktu. Risih nggak sih kalo tiap 10 menit dia nge-chat mulu  cuma nanya kamu lagi ngapain, di mana, dan sama siapa? Mending jauh-jauh deh kamu dari cowok model begini.

"Kalo cowok protektif, dia bakal tetep nanya juga pas kamu lagi nggak sama dia. Tapi nggak sesering si posesif, karena ujung-ujungnya dia cuma bakal bilang hati-hati."

Cowok protektif percaya sama kamu, tapi cowok posesif selalu nyuruh kamu buat minta izin dulu

Ketemu temen, izin dulu. Mau makan di samping kosan, izin dulu. Mau ambil duit di ATM, izin dulu. Beli sepatu online, izin dulu. Kalo sampe ketauan kamu nggak izin, dia bakal ngambek dan marah besar. Ini nih ciri-ciri cowok posesif. Kalo kamu nggak bales chat atau nggak ngangkat telponnya, dia bakal nanyain kamu ke temen-temenmu yang dia kenal. Duh, apa nggak ribet kalo hubungan udah kaya gini?

"Protektif ngga kaya gitu. Tanpa kamu minta izin, dia bakal ngizinin karena dia percaya sama kamu."

Protektif itu nanya karena pengen tau kamu butuh bantuan apa enggak, tapi posesif nanya karena curiga

Wajar kalo di tengah kesibukan yang kamu punya, tiba-tiba cowok kamu nge-chat dan nanyain kabar atau kegiatan apa yang lagi kamu lakuin. Biasanya sih, niat cowok protektif ngelakuin ini buat cari tahu kamu lagi kesulitan atau engga. Siapa tahu kan dia bisa ngebantu? Beda sama cowok posesif, dia bakal nanya dengan cara ngintrogasi.

"Sebenernya cowok posesif justru punya rasa takut yang gede banget, Squad. Mereka takut kalo kamu malah pergi sama cowok lain dan ninggalin dia."

Protektif lebih nuntun kamu buat jaga diri, tapi posesif pengen kamu selalu ada buat dia

Protektif itu nggak bakal asal ngelarang, apalagi tanpa alasan. Dia ngelarang kamu keluar sama temen kampus misalnya, alasannya karena kamu baru keluar jam 10 malem. Bukannya ini logis? Mereka ngerasa khawatir dan pengen jaga kamu. Cowok jadi over protektif biasanya karena awalnya susah percaya. Tapi kalo ternyata seiring berjalannya waktu kamu bisa dipercaya, sikap dia bakal biasa aja :D

"Beda sama cowok posesif. Dia cenderung ngatur kamu. Soal apa yang boleh dan nggak boleh kamu lakuin, dia yang nentuin."

Dari 5 beda di atas, mana yang lebih baik menurut kamu, Squad? Pasti sepakat dong kalo posesif lebih punya makna negatif dibanding protektif? Nah tapi, biar hubungan tetep nyaman buat kalian berdua, semuanya mesti dalam taraf normal. Kalo cowok kamu nggak dua-duanya, jangan-jangan malah kamu nih Squad yang posesif? Posesif dasarnya adalah cemburu yang kebangetan. Dan cemburu biasanya karena kurang pede. Nah, biar kamu nggak kekurangan percaya diri lagi, tap this link yuk!

Latest Posts