MANFAAT MEMBACA BUAT HIDUP KAMU

MANFAAT MEMBACA BUAT HIDUP KAMU image

"If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking."
–Haruki Murakami

"Membaca adalah jendela dunia" maybe this words was so old school, but it's so true. Ada banyak hal yang bisa kamu dapetin dengan rajin baca. Baca apa aja, bahkan walau cuma baca petunjuk jalan, kamu bisa sampai di tempat tujuanmu. Kamu harus banget bersyukur kalo terlahir di keluarga yang juga mengamini pentingnya membaca, jadi keinginan kamu untuk baca bisa disupport penuh sama orang tua. Banyak loh di antara temen-temen se-usia kamu yang harus nabung dan nyisihin uang jajannya cuma buat beli novel favorite penulis kesukaannya. Dan nggak cuma sebagai jendela dunia aja, baca juga bisa kasih banyak manfaat buat hidupmu, nggak cuma bikin awet muda secara pikiran, membaca bahkan bisa bikin kamu jadi manusia yang lebih mudah bahagia :D

Reading gives muscle to your memory

Kalo badan kita bisa sehat karena olahraga, nah kamu bisa nge-olahragain daya ingat kamu dengan rajin membaca. Karena membaca bisa kasih latihan buat otak kamu, lebih dari nonton TV atau dengerin radio. Even nih ya, yang kamu baca cuma manual instruction gimana cara bikin mie rebus di bungkus mie instan, bagian dari otak kamu bakalan dapet rangsangan untuk bikin fungsi lain dalam system-mu bekerja, dan ini bikin ingatanmu jadi aktif. Membaca bikin otak jadi lebih mudah berfikir dan bahkan berkonsentrasi.

Baca bikin otakmu awet muda

Dilansir Rush University Medical Center, Squad, Digging into a good book can literally take years off your mind. Bahkan nih, orang dewasa yang spent their downtime buat melakukan kegiatan kreatif kaya baca, bisa menghambat penurunan kognitif mereka di kemudian hari sampai 32 persen, daripada mereka yang nggak suka baca. Bahkan penelitian terbaru juga nemuin kalo older adults yang sering baca juga bisa nurunin kemungkinan mereka kena Alzheimer.

Stress release

Menghabiskan banyak waktu buat baca buku kesukaan bisa nurunin level hormone stress yang nggak sehat, kaya cortisol. British study sempet bikin penelitian ke partisipannya buat baca, dengerin musik, atau main video games setelah diberi rangsangan yang memprovokasi mereka. Hasilnya Squad, level stress mereka yang baca berhasil turun sampai 67 persen.

"Whenever you read a good book, somewhere in the world a door opens to allow in more light."
–Vera Nazarian

Bikin lebih berempati

Sebuah cerita bisa bikin perspektif seseorang tentang kehidupan berubah, menurut York University Reaserch. Baca buku dengan karakter yang kuat bisa bikin seseorang lebih memahami sosok yang mengisi karakter itu. Jadi, kalau kamu menemukan sosok dengan sifat atau pengalaman yang sama kaya tokoh di dalam buku yang kamu baca, kamu bisa lebih relate yang memahami pola pikir mereka. Misal kamu baca buku Harry Potter yang udah yatim piatu sejak dia kecil, ketika kamu bertemu dengan teman yang juga yatim piatu, kamu bisa lebih paham rasanya jadi dia.

“If you don't have time to read, you don't have the time (or the tools) to write. Simple as that.”
Stephen King

Kamu jadi lebih baik dalam menulis

Kamu pengen jadi penulis? Kunci utamanya adalah lebih banyak baca. Karena semakin banyak cerita yang kamu baca, semakin kaya pula kosa kata yang kamu punya. Bahasa tulisan kamu pun akan lebih efektif dan rapi, karena terbiasa membaca sesuatu yang terstruktur. Lebih banyak baca, bisa bikin kamu lebih banyak ide untuk menulis.

See, banyak banget kan yah manfaat yang bisa kita dapetin dari baca. Kalau kamu termasuk males baca, udah banyak kok aplikasi yang bisa di-download buat ngerangkumin buku yang kamu pengenin, kaya Blinkist. Jadi nggak ada alesan buat ngga baca!

words: falafu

Latest Posts