Kamu Punya Rencana Bisnis Bareng Sahabat, Squad? Simak Untung Ruginya Yuk!

Kamu Punya Rencana Bisnis Bareng Sahabat, Squad? Simak Untung Ruginya Yuk! image

Punya usaha bareng temen atau sahabat emang kedengerannya nyenengin banget. Apa kamu pernah mimpiin hal macem itu, Squad? Bisnis atau usaha apa nih yang pengen kamu bikin bareng sahabat kamu?

Pasti kamu juga sempet mikir, karena udah kenal luar-dalem, saling ngerasa nyaman dan percaya satu sama lain kayanya udah cukup deh jadi modal utama buat ngebangun bisnis kalian nantinya. Duh, tapi ternyata nggak melulu nyenengin lho. Karena nyatanya ada beberapa orang yang malah anti bisnis bareng sahabat. Biar kamu bisa mikir ulang, simak yuk untung ruginya versi AMAZARA! :D

 

Sikap emosional bisa ngeganggu bisnis

Sikap emosional bakal sering banget mewarnai bisnis yang bakal kamu jalanin nantinya. Dan yakin deh, pasti bakal makin parah pas kalian nemuin hambatan dalam bisnis itu. Entah kamu atau dia sesekali juga bakal ngerasa gagal make logika pas ada masalah yang dateng. That's why, emosilah yang justru diduluin sama kalian.

"Meski kalian udah sahabatan lama, tetep aja ada potensi kalau sikapnya bakal beda pas jadi partner bisnis. Kalau ternyata dia egois, dan mau menang sendiri gimana?"

 

 

Punya banyak kesamaan, nggak sulit nyepakatin visi-misi

Kamu setuju nggak, kalo dibilang salah satu syarat buat seseorang bisa sahabatan sama orang lain adalah kesamaan karakteristik. Mulai dari hobi, sifat, atau prinsip hidup. Nah, seringkali kecocokan kamu dan sahabat itu yang bakal bikin kalian punya ide buat bikin usaha barengan.

 

Persahabatan bisa rusak kalo bisnis kamu gagal

Beberapa survei nyebutin, kalo setengah dari bisnis kecil ngalamin kegagalan dalam dua tahun pertamanya. Resikonya nggak cuman itu, persahabatan yang udah kamu bangun bertahun-tahun pun terancam rusak barengan sama nggak berhasilnya bisnis kamu tadi. Nah, penyebab paling sering kegagalan bisnis adalah kurangnya dana.

“Diakui atau nggak, uang sering jadi masalah yang cukup sensitif. Gara-gara salah itung-itungan misalnya, persahabatan kamu bisa-bisa nggak lanjut. Kamu mau?”

 

Nggak sulit buat punya great ideas, sekalian bisa jadi bonding time

Sering nggak sih kamu ngerasa, kalo ngobrolin ide bareng sahabat itu malah bisa ngehasilin suatu ide produk atau jasa bisnis baru yang fresh di pasaran lho. Karena kalian udah saling kenal dan deket sejak lama, kalian jadi kaya nggak ada sungkan-sungkannya buat sharing ide-ide unik dan aneh alias out of the box yang mungkin bakal malu kalo di-share ke orang lain yang bukan sahabat.

"Soal bonding time, dengan bisnis bareng, kamu dan sahabat bisa lebih sering lagi ngabisin waktu bareng sambil ngerjain business project. It would be super fun!"

 

Bisa jadi bossy

Hal yang satu ini bisa kamu alamin kalau salah satu dari kalian lebih dominan. Apalagi sampai ngatur-ngatur atau merintah-merintah, pasti bakal nggak enak banget. Kamu mesti catet, pas bisnis yang kamu rencanain bareng sahabat itu udah jalan, masing-masing karakter kalian bakal makin keliatan aslinya. Biar nggak ada yang sakit ati, kalian harus saling terbuka dan nggak ragu negur satu sama lain.

Intinya, persahabatan nggak jadi jaminan kalo bisnis kamu bakal lancar, Squad. Semua tetep ada untung-ruginya. Kalo kamu ngerasa persahabatan kamu berjalan lancar tanpa konflik selama bertahun-tahun, bukan berarti bisnis yang kalian bangun juga bakal stabil terus dong ya? Kalo kamu, yes or no nih buat bisnis bareng sahabat? Mau bikin toko baju offline, jual sepatu online, atau malah bisnis kuliner kekinian nih? Share di kolom komentar yuk :D

 

Mau bisnis sendiri, bareng sahabat, atau siapapun, yang penting kamu jangan lupa buat branding yourself ya. Tap this link yuk biar paham caranya :)

Latest Posts