Kamu Penasaran Soal "How to Build Friendship Goals," Squad? Ini Jawabannya!

Kamu Penasaran Soal "How to Build Friendship Goals," Squad? Ini Jawabannya! image

Friendship is the best thing to keep. Karena cari musuh itu jauh lebih gampang dibanding cari sahabat. Kamu setuju kan, Squad? Semakin bertambahnya usia, makin kita perlu persahabatan yang nggak cuma buat temen main aja—but more than that.

“Persahabatan yang berkualitas nggak bisa muncul gitu aja. Dan ternyata, ngejaga hubungan baik sama sahabat juga nggak sesederhana kelihatannya.”

Gimana sih caranya bisa punya jenis pertemanan yang tulus dan saling support?

Inget nggak, pas kita kecil dulu, temenan itu nggak banyak syaratnya. Karena yang kita tahu cuma main dan main aja. Tapi makin beranjak gede, kita jadi kenal standar kehidupan sosial dan nilai pertemanan pun banyak yang bergeser. Mulai dari kesibukan kita yang bertambah, political opinion yang beda-beda, ditambah lagi personality yang makin banyak jenisnya.

“Nemuin seseorang yang bener-bener pantes buat dipercaya, udah kaya jadi PR besar remaja zaman now. Apalagi kalo kamu nggak selective pas milih temen, bisa jadi kita sendiri yang terjerumus ke hal-hal negatif.”

Look around you, udah ada berapa temen baik dan berkualitas yang kamu punya, Squad?

 

Do you love yourself enough?

Kita selalu butuh temen yang nggak cuma bisa ada di saat happy aja, tapi juga the one who can see our blind spots and keep supporting us.


“Sahabat adalah orang yang paling pertama yakin kalo kita pantes buat dicintai dan mereka juga percaya sama mimpi-mimpi kita. But, you will never be a good friend if you can’t accept yourself.”

Tau nggak Squad, apa musuh paling besar yang biasa ngehalangin buat ngejaga pertemanan yang sehat? Jawabannya adalah insecurity. Kalo kamu belum nyaman sama diri kamu sendiri, kamu bakalan bikin nggak nyaman mereka yang berteman sama kamu. Kamu jadi gampang iri dan ini ngeganggu banget buat keeping healty friendship. So, make sure you love yourself enough, so your bestfriend can fully love you.

 

Make a friendship with people who are different from you

Believe it or not, punya temen yang berbeda latar belakang sama kamu bakal ngaruh banget dalam proses pendewasaan kamu sebagai pribadi lho. Misalnya gini, sahabatan sama orang yang punya latar belakang budaya beda, atau hobi yang beda. Make a friendship with someone who sees things differently. Banyak kan kamu lihat sekarang geng cewek yang isinya ‘kembar’ mulai dari gaya rambut, gaya busana, model sepatu, sampai bahkan taste boyfriendnya? Hehehe.. that is not always a good idea.

“Challenge yourself buat berani kenal sama orang-orang yang beragam. Kita butuh temen yang berani bilang salah kalo kita salah dan ngelihat kekurangan kita sebagai keunikan :D”

Be willing to listen

AMAZARA tahu banget kalo semua orang maunya dingertiin. Apalagi cewek, maunya ya semua pengennya didengerin dan diturutin terus. Kita sendirilah yang paling tahu diri kita ini kaya apa kalo lagi nyebelin. Selfish banget kan?

“Nah, pas sahabat kamu lagi kusut dan nggak karuan banget hidupnya, coba deh kamu dengerin pandangan mereka soal kehidupan yang lagi mereka jalanin sekarang.”

Kalo mereka lagi patah hati misalnya, jangan terus nge-judge kalo selama ini kamu udah ngingetin soal si mantan yang emang udah kelihatan nggak baik. Let her cry, as much as she needs too. Baru setelah itu kita coba bilang gimana pendapat kita yang paling realistis buat mereka percaya.

You can’t control someone’s life

Nggak cuma berlaku buat hubungan percintaan aja, tapi kalo kamu nyoba ngontrol kehidupan sahabat kamu—lama-lama mereka juga bakalan kabur.

“So if one day you see your best friends go to the wrong direction, tugas kamu cuma sampe ngingetin mereka mana yang baik dan buruk aja. It’s not your fault kalau ternyata pada akhirnya mereka harus jatuh dan terluka.”

Just make sure you will always be there buat temenin mereka sembuh lagi. Remember, we can only change ourselves, kita nggak berhak maksa orang lain buat jadi apa yang kita pengen. Biar nggak salah pilih temen, tap this link yuk buat tahu tipe temen mana aja yang pantes buat kamu pertahanin Squad :D

Latest Posts