How to Take The Hard Choice. Buat Kamu yang Sering Dihadepin Sama Pilihan-Pilihan Sulit!

How to Take The Hard Choice. Buat Kamu yang Sering Dihadepin Sama Pilihan-Pilihan Sulit! image

Semua orang pasti pernah dihadepin sama dua atau bahkan lebih pilihan. Dan nyatanya, nggak sedikit orang yang ngalamin kesulitan buat nentuin pilihan yang bener-bener tepat. Apa kamu lagi ada di posisi ini sekarang, Squad?

AMAZARA seringnya sih milih pilihan yang paling gampang dan keliatan nguntungin, padahal ke depannya bisa jadi ngerugiin juga. Hiks! Yang perlu kamu inget adalah, keputusan yang kamu ambil hari ini bakal ngaruh banget sama masa depan nanti. So, terapin cara ini yuk pas kamu lagi ada di antara pilihan-pilihan sulit.

 

Overcome the fear

Pas ketemu pilihan-pilihan sulit dalam hidup, otomatis kita bakal ngerasa takut kalau sampe milih pilihan yang keliru. Di sinilah, kamu kudu cari cara buat ngatasin rasa takut itu.

"Pertimbangin apa aja sumber ketakutan kamu, dan tanyain ke diri kamu sendiri, apa bener hal itu realistis?"

Kamu harus bisa ngebedain, rasa takut ini cuma asumsi atau realita. Kalaupun itu realita, mending kamu siapin solusi dibanding cuma takut doang.

 

Let the door open

Pilihan-pilihan yang hadir di hidup kamu sama-sama punya peluang yang sama besar buat jadi keputusan yang bener. Semua pilihan jelas punya konsekuensi dan resikonya masing-masing.

"Selain itu, kamu juga kudu bersikap terbuka, artinya mau ngebuka kedua telinga buat dengerin pendapat orang lain. Entah itu yang sependapat sama kita ataupun nggak." 

Face the consequences

Kamu bisa bikin matriks atau mungkin tabel konsekuensi positif dan negatif dari masing-masing pilihan. Terus pikirin semua konsekuensi sampe kamu bisa ngebuang beberapa pilihan dan jadi lebih mengerucut. Inget, bukan cuma konsekuensi hari ini, tapi juga hari esok ya Squad!

 

Filter every information

Carilah sebanyak mungkin informasi dari orang lain. Bisa dari teman, saudara, atau siapapun yang pernah punya pengalaman dalam hal yang kamu alami ini.

“Dari sekian banyak informasi yang kamu dapet, silahkan saring informasi yang nggak bias dan obyektif aja ya!”

Remember why we choose it

Coba inget dan pahami kenapa kamu bisa jadiin hal itu sebagai pilihan sulit. Misalnya pas kamu bingung milih antara kuliah komunikasi atau hukum. Jurusan hukum ngejanjiin karir dan penghasilan yang lebih baik, tapi kamu sebenernya lebih minat belajar komunikasi.

"Pasti pilihan-pilihan itu punya kelebihan masing-masing, dan inilah pertanyaan yang kudu kamu jawab."

Sesulit apapun pilihan dalam hidup kamu, kamu mesti percaya sama yang namanya intuisi, Squad. Soalnya, banyak psikolog bilang kalo kadang intuisi itu adalah hal paling tepat buat diikutin. Tanyain ke hati kecil kamu, pilihan mana yang paling bikin kamu nyaman dan bahagia.

Kalo cewek sih, milih warna atau model sepatu aja udah bisa jadi pilihan sulit buat kita, hehehe. Atau kamu lagi belajar dandan dan bingung mana kosmetik yang kudu dibeli duluan? Tap this link yuk!

Latest Posts