Habis Jakarta, Surabaya, Sekarang Riau. Lakuin Hal Ini Pas Kamu Ngadepin Ancaman Bom ya, Squad!

Habis Jakarta, Surabaya, Sekarang Riau. Lakuin Hal Ini Pas Kamu Ngadepin Ancaman Bom ya, Squad! image

Kerusuhan selama 36 jam di Mako Brimob minggu lalu (8/5) berakhir dengan meninggalnya lima polisi dan seorang napi teroris. Hari Minggunya (13/5), teror bom terjadi di beberapa lokasi kota Surabaya, Jawa Timur. Nggak berhenti sampe di situ aja Squad, Rabu (16/5) ini Mapolda Riau juga diserang beberapa orang nggak dikenal yang diduga teroris dan ngebawa bom di dalem mobil. Serem banget ya?

Kita semua pasti paham, ledakan bom emang sering terjadi di waktu yang nggak bisa diprediksi. Meski aparat keamanan bilang kalo kita harus tetep tenang, tapi gimanapun kita mesti ningkatin kewaspadaan. Nah, ini ada tips dari berbagai sumber yang udah dirangkum AMAZARA soal hal-hal yang mesti kamu lakuin kalo lagi ngadepin ancaman bom. Simak ya, Squad!

 

Jangan ngedeketin benda yang diduga bom

Pas kejadian pasti ada benda mencurigakan yang diduga sebagai bom. Kaya tas ransel atau benda yang dibungkus kaya paket. Nah, kalo udah nemu yang begini, jangan deh coba-coba ngedeketin atau nyentuh benda itu tadi.

"Please, di tengah isu ancaman bom kaya sekarang ini, tahan hasrat kepo kamu ya!"

Kalo emang mungkin, pergi jauh-jauh dari lokasi

Kalo memungkinkan, langsung tinggalin lokasi begitu kamu denger ada ancaman bom di tempat kamu berada. Jangan malah sok-sokan ngambil foto atau video kejadian cuman biar eksis di media sosial.

"Keselamatan kamu itu jauh lebih penting dibanding update status atau nge-Instagram story."

Kalo nggak sempet, cepet jauhin jendela dan cari titik buat berlindung ya!

Kamu bisa berlindung di bawah perabot atau furniture yang kuat dan stabil. Jauhin jendela, dan nggak usah nyalain atau matiin lampu. Kalo ada asap, kamu nunduk aja dan jangan pernah nyalain korek api dengan alasan apapun.

"Nggak perlu teriak, karena justru bakal bikin kamu ngehirup debu yang berbahaya."

Pake hape kamu buat ngehubungin keluarga dan petugas keamanan

Pas kamu denger isu ancaman bom, langsung aja hubungin atau kabarin petugas kemanan yang paling deket. Habis itu, biarin mereka ngambil alih keadaan, kamu nggak usah ikut campur lagi. Karena petugas keamanan dan polisi emang udah dilatih buat ngadepin situasi itu.

"Kamu tinggal ngikutin instruksi petugas aja dan tetep tenang alias nggak usah panik berlebihan."

Terakhir, jangan ikut-ikutan nyebarin berita yang belum tentu bener

Di tengah isu ancaman bom kaya gini, semua orang rawan ngalamin kepanikan, dan kamu nggak usah ikut-ikut jadi pemicunya. Hindarin menyebar berita yang belum tentu bener alias hoax. Apalagi kamu tau sendiri kan gimana peran sosial media di zaman now?

"Daripada bikin orang panik, mending kamu konfirmasi dulu ke petugas sal info ancaman bom yang kamu dapet. Kalo bener, baru kamu boleh nyebarin."

Jadi, stay safe di manapun kamu berada ya Squad. Tetep tenang, tingkatin kewaspadaan, dan tentu aja berdoa minta perlindungan sama Tuhan. Semoga RUU terorisme segera diselesein dan semua pelakunya bisa ditendak tegas ya, Squad!

Latest Posts