Cantik itu Bukan Berkulit Putih, Tapi Sehat Terawat. Yuk, Kenali Cara Terbaik Ngerawat Kulit!

Cantik itu Bukan Berkulit Putih, Tapi Sehat Terawat. Yuk, Kenali Cara Terbaik Ngerawat Kulit! image

Cewek mana sih yang nggak mimpiin punya paras cantik dan kulit sehat? Kamu pasti termasuk salah satunya kan, Squad? Nah, tapi ada yang musti dilurusin nih soal definisi cantik yang biasa di kampanye-in, khususnya di Indonesia. Pas ditanya apa itu cantik,banyak orang yang bilang kalau cantik itu punya kulit putih, badan langsing, rambut hitam lurus, hidung mancung, mata bening, dan kaki jenjang.

Padahal, definisi itu sama sekali nggak bisa dijadiin patokan. Terus, apa warna kulit orang Indonesia yang kebanyakan sawo matang nggak bisa dibilang cantik? Menurut AMAZARA itu sama sekali nggak bener, Squad. Wanita cantik, salah satunya adalah mereka yang punya kulit sehat, bukan yang putih. Kulit kamu sudah sehat belum nih? Cari tahu gimana cara merawatnya lewat artikel ini yuk!

Selalu lindungi kulitmu dari sinar UV ya!

Perlu kamu catet nih Squad, sinar matahari di siang hari itu bahaya banget buat kulit. Kandungan sinar UV-nya nggak cuma membakar permukaan kulit aja, tapi juga bisa merusak jaringan dan tekstur kulit. Jadi, kalau pengen  kulit sehat, hindari kontak langsung sama cahaya matahari ya.

“Kalau kegiatanmu banyak dilakuin di luar ruangan, kamu bisa mengenakan baju lengan panjang atau topi, Squad. Jangan lupa pula oleskan tabir surya yang ber-SPF minimal 30 pada permukaan kulitmu.”

Treatment lulur tradisional hingga modern bisa kamu coba

Perawatan yang biasa kamu sebut 'luluran' ini bisa bikin kulit sawo matang kelihatan lebih glowing. Soalnya, luluran sendiri berfungsi buat mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa rutin ngelakuin seminggu atau sebulan sekali. Pilih bahan lulur dari kurma atau bengkoang yang kaya vitamin dan antioksidan juga, Squad. Kalau treatment modern, kamu bisa nyobain chemical peeling yang punya manfaat buat merangsang regenerasi kulit, menghaluskan kulit, sekaligus bikin kulit lebih cerah. Apapun caranya, mau tradisional atau modern yang kamu pilih, yang penting bikin kulit sehat ya!

Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Jangan pernah nyepelein hal yang satu ini ya. Faktanya, minum air putih nggak cuma bagus buat kulit, tapi juga berpengaruh sama kinerja organ tubuhmu yang lainnya, lho. Minimal kaya yang sering kamu dengar di iklan-iklan, 8 gelas per hari. Kamu bisa kehindar dari stres yang bikin kamu jauh dari kulit sehat. Air putih yang kamu minum juga  akan membantu biar kulit kamu nggak cepet keriput dan tetep fresh.

“Makanan yang dianjurkan  buat dikonsumsi adalah sayuran dan buah-buahan seperti tomat, strawberry, jeruk, pepaya, anggur, dan apapun yang mengandung vitamin A, C, dan E.”

Jangan lupa beristirahat dan tidur yang cukup ya, Squad!

Ini juga termasuk cara yang nggak boleh kamu remehkan. Atur waktu tidur kamu tiap harinya ya, Squad. Jangan karena chat-chatan sama gebetan, kamu jadi begadang.. Walaupun menyenangkan sih :D. Menurut penelitian, orang yang kurang tidur kulitnya bakal jadi kusam, cepat keriput dan warna kulit jadi nggak rata.


“Karena itu, kalau mau kulit sehat dan kenyal, standar waktu tidurmu harus 7 jam per harinya. Waktu itu bakal dipakai kulit buat beregenerasi sehingga keesokan harinya kelihatan lebih segar."

Yang nggak kalah penting, pilih makeup yang tepat buat kulit kamu ya Squad!

Cara pertama, lakukan pemilihan dasar makeup yang disesuaikan dengan warna dan jenis kulitmu. Ini tuh sama kayak pas kamu belanja sepatu online, harus cocok dan pas sama ukuran kaki kamu kan, Squad? Intinya, semua harus pas sesuai kebutuhan. Jangan lupa, bersihkan wajah lebih dulu supaya hasilnya lebih bagus. Buat kulit sawo matang, pas pakai daily mouisturizer, sebelumnya kamu juga bisa pake primer yang jatuh di kulit transparan atau kuning sedikit oranye. Buat foundation, pilih primer yang sesuai sama kulit kamu ya.

“Buat shade, sebelum beli  ada baiknya oles-in dulu di rahang atau leher dan diamin selama 30-60 menit, buat liat apakah warnanya teroksidasi menjadi lebih gelap dari warna kulit satu atau dua tone.”

Sekarang udah tau kan gimana cara merawat kulitmu jadi lebih sehat tanpa ngerubah warnanya, Squad? Hayo, kamu sendiri udah ngerawat kulit kamu sendiri belum nih? Yakin nggak pengen punya kulit sehat? Tulis cerita merawat kulit versimu di kolom komentar yuuk. AMAZARA pun baru ngeh, kalau ternyata pake lotion aja nggak cukup. Ssst.. Kita juga punya rahasia nih, kalau udah jago ngerawat kulit mungkin kamu udah bisa masuk kriteria cewek mandiri juga. Pengen tau kriteria lainnya dan apakah kamu termasuk salah satunya? Cari tau by click link ini ya!

Latest Posts