85% Cewek Pengen Pernikahan dengan Adat Tradisional. Kalo Kamu?

85% Cewek Pengen Pernikahan dengan Adat Tradisional. Kalo Kamu? image

Istimewa kayanya jadi kata yang pas banget buat menggambarkan betapa indah setiap budaya yang kita miliki—apalagi kalo udah ngomongin soal pernikahan tradisional.

Dari survey sederhana yang dilakukan penulis via twitter @falafu, 85 % dari 401 perempuan di Indonesia yang ikutan jadi voters, punya impian untuk menikah dengan adat tradisional, dibanding internasional. Surprisingly masih banyak lho perempuan muda masa kini (71 %) yang merasa kalo pernikahan dengan adat tradisional terasa lebih sakral dan lebih bermakna, buat bisa mereka lewatin suatu hari nanti dengan pria pujaannya. Apa kamu salah satunya Squad? :D

“Lebih dari 80 persen cewek pengen punya pernikahan dengan adat tradisional karena terasa lebih sakral dan meaningful.”

Bagi kita perempuan emang pastinya banyak hal yang menarik buat dijalanin dari pesta adat tradisional, mulai dari busana daerah indah yang dikenakan, hingga keunikan ritual step by step untuk prosesi acaranya sendiri. Dari 511 perempuan yang ikutan voting, 63% memilih prosesi adat Jawa sebagai prosesi pernikahan yang paling romantis dan berkesan Squad, sedang sisanya memilih adat Sumatera. Banyak yang memilih (51%) pakaian pengantin dengan adat Jawa menjadi pakaian adat terbaik, disusul dengan Sumatera (25%) dan Bali (11%).

“Pernikahan dengan adat Jawa jadi yang paling favorite buat cewek-cewek karena dianggap romantis!”

For your information nih Squad, ada 5 daerah di Indonesia yang dikenal punya biaya pernikahan adat tertinggi di Indonesia. Dimulai dari pernikahan adat Nias yang punya standard mahar senilai 25 ekor babi atau sekitar 50 juta rupiah. Daerah kedua dengan biaya pernikahan termahal adalah budaya Karo yang punya rangkaian acara super panjang, mulai dari adat persiapan yang berisi acara Sitandan Ras Keluarga Pekepar, Mbaba Belo Salembar, dan Ngantik Manuk. Dilanjutin sama prosesi di hari H, dan after party acara. Biasanya biaya yang harus dikeluarin sendiri sampai ratusan juta. Daerah lain yang juga terkenal ngabisin banyak biaya adalah pernikahan dengan adat Bugis dan Jawa. Kalo daerah Jawa sendiri dikenal punya budaya pernikahan yang punya jumlah undangan banyak banget!

“Ternyata banyak cewek yang masih mikir kalo nggak pengen ngabisin biaya banyak buat pernikahannya kelak. Apa kamu salah satunya?”

Berdasarkan survey yang dibuat penulis 64% voters punya budget wedding impian yang masuk akal buat mereka dibawah Rp 100 juta Squad, 22% lain punya standard budget di atas 200 juta dan 9% di atas 250 juta. Banyak cewek zaman sekarang yang memimpikan acara dengan adat tradisional tapi dilaksanakan secara sederhana. Setuju banget sih ini kalo AMAZARA, soalnya semakin intim sebuah prosesi dijalani, pastinya akan semakin berkesan. Budget yang keluar bisa diminimalisir dengan batasan jumlah tamu yang diundang :)

Latest Posts