6 Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

6 Tips Memulai Bisnis di Usia Muda image

Liburan semester plus lebaran udah kelar nih Squad, semoga berat badan nggak banyak-banyak banget yaaa tambahnya hehehe.. Mulai balik ke aktivitas, berarti harus fokus untuk lebih produktif, khususnya buat yang ngerasa this is the right time buat mulai bisnis kamu sendiri.

Kalo dari kemarin-kemarin masih takut buat melangkah, gimana kalo mulai hari ini beraniin buat coba lagi Squad. Karena kalo nggak sekarang, kapan dong?

Yuk, mulai ukir pengalaman, biar sukses lebih cepet datengnya!

Relax, Amazara udah ngerangkum beberapa tips buat kamu yang masih suka nggak pede buat mulai bisnis karena alesan masih kuliah atau belum punya modal yang banyak. Yang pasti, hasil memuaskan nggak mungkin dateng begitu aja Squad, kamu harus berani kerja 1000 kali lebih keras :D

Konsistensi itu perlu.

Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah kamu tahu ke mana kamu mau melangkah.

1. Pastiin Tujuan Awal

Kenalin arah bisnis mana yang mau kamu tuju, soalnya hal itu memudahkan kamu buat mengenal pasar (target konsumen). Atau bisa juga dibalik, kamu bisa lebih dulu nemuin target konsumen dan ngeliat peluang bisnis yang ada. Misal; karena masih kuliah, target konsumen yang paling deket ya temen-temen kampus sendiri or at least mereka yang se-umuran dengan kamu. Ini bakalan lebih mudah, karena kalian punya selera yang nggak jauh beda. Jadi ke depannya bakalan lebih enak nentuin produk atau jasa apa yang bakal kamu bisnis-in.

2. Mulai dari Hal yang Kita Suka

Memulai usaha dari hal yang kita suka, keliatannya emang lebih aman buat dijalanin. Lebih minim risiko, karena paling enggak kita udah tau sedikit tentang hal itu. Walau pun sebenernya, tantangannya bakalan sama aja kalo nggak dijalanin dengan serius Squad.

But at least, dengan mulai dari hal yang kita suka, kita lebih nyaman ngejalaninnya dengan meminimalisir tekanan dari diri sendiri.

Kaya misal kamu hobi bikin kue, ya kamu bisa mulai seriusin teknik bikin kue yang bisa kamu pelajari di tempat kursus. Nah, karena kamu bakalan jualan kue di kalangan kampus, mungkin kamu bisa lebih fokus ke bikin kue-kue perayaan, kaya kue tart atau cake. Kue jenis ini pasti bakalan lebih laku, dibanding kamu jualan kue kering. Karena pasti banyak di antara temen-temen kamu yang pengen kasih surprise buat orang-orang yang mereka sayang. Bisa dibawa pas ultah pacar, saat ulang tahun sahabat atau bahkan waktu wisudaan. Contoh lainnya kayak kak Nina Moran as co-founder & CEO GoGirl! Magazine yang juga baru aja dibahas di artikel sebelumnya, dia suka banget baca majalah and by that reason, kak Nina bikin GoGirl! Magz bareng her sisters sampe jadi se-sukses sekarang :D

3. Manfaatin Social Media

Di mana lagi bisa jualan gratis?

Mumpung Instagram belum kena pajak, manfaatin platform social media-mu sekarang!

Selama ini kamu udah sering banget liat atau bahkan punya foto #ootd dan followers Instagram kamu lumayan banyak? This is it! Ini adalah salah satu peluang, Squad. Jangan lewatin kesempatan ini buat promosiin jualan kamu melalui platform social media. Next kalo kamu udah mulai punya tabungan, bisa juga cobain endorse. Saran dari Amazara, jangan campur akun pribadi sama akun jualan, karena bakalan gengges alias ganggu followers pribadi kamu yang nggak minat buat beli. Bikin akun sendiri dengan id brand produkmu. Pilih nama yang simple dan mudah diingat. Jangan lupa, promosi produk-mu bisa dimulai dari diri sendiri dan sekitar kamu. Contoh: setiap kali bikin kue kamu bisa posting hasilnya di soc-med, terus sisanya bisa kamu bawa ke kampus biar temen-temen bisa pada nyobain kualitasnya. Mouth to mouth campaign juga cukup efektif lho, buat yang belum punya modal buat ngiklan. Apalagi, promosi langsung kaya gini bakalan lebih dipercaya sama market.

Gengsi bukan buat mereka yang pengen sukses.

Mulai sekarang, buka mata dan hati lebar-lebar. Banyak jalan menuju sukses and your path isn't always the same as others.

4. Perluas Jaringan Mulai dari yang Terdekat

Jangan ragu-ragu atau nggak pede buat promosiin produk kamu. Kalo emang kamu lihat ada peluang, nggak ada salahnya buat dicoba. Misal kamu denger ada temenmu yang mau bikin pesta ultah yang lumayan gede (dengan venue yang kece dan tamu undangan yang banyak), kamu bisa nawarin diri buat jadi sponsor cupcakes di acaranya. Kalau misal produkmu berbentuk , kamu bisa tawarin jadi sponsor isi goodie bagnya. Di awal memang kamu harus berani kasih gratis atau at least diskon yang gede, tapi kamu bisa jadiin ini kesempatan buat ngenalin brand kamu ke orang lain. Uang THR lebaran kemarin bisa dibuat modalnya nih Squad, tahan dulu beli make up barunya hehe.

Kita cuma boleh keras kepala sama pilihan buat nggak easily give up sekarang.

Selain itu, buka diri seluas-luasnya.

5. Jangan Males buat Belajar

Amazara yakin, pasti di antara temen-temen kampusmu udah banyak yang juga mulai berbisnis dan cukup menghasilkan. Nggak ada salahnya lho nanya-nanya tips ke mereka, atau barengan pergi buat dateng ke acara-acara business mentoring, seminar, atau sekedar tukar pengalaman di forum diskusi around internet. Apalagi sekarang udah zamannya serba online, banyak banget ilmu yang dibagiin sama entrepreneur kece via online class yang bisa kamu ikutin. Kuncinya, semakin banyak kamu tau tentang kekurangan dan kelebihan bisnis yang mau kamu jalanin akan semakin baik.

Apapun background & jurusan kuliah kamu,

kamu tetep bisa running & sukses bisnis yang kamu suka.

6. Stay Positive

Jangan membiasakan diri buat mengkotak-kotakkan jalan buat sukses Squad. Walaupun kamu lagi ngejalanin kuliah yang nggak sesuai dengan passion kamu—bukan berarti kamu nggak bisa meraih impianmu.

Semua ilmu yang kamu pelajari pasti ada manfaatnya buat kehidupanmu sendiri. Kuliah kedokteran pun juga bisa tetep sukses jadi entrepreneur.

Begitu pun yang udah kuliah design, apalagi dengan ketrampilan yang didapetin dari kuliah, harusnya bisa lebih kebantu buat bikin design promo produk kamu sendiri. Sukses nggak melulu tentang kerja kantoran. You can be successful in your own way.

Sebenarnya kunci dari semuanya adalah berani buat memulai Squad. Courage atau keberanian emang nggak tiba-tiba dateng, but you can learn to get that. Kamu bisa intip dikit di artikel Amazara sebelumnya soal habits & characters ala entrepreneur yang juga penting before you start your own business. Memang nggak ada yang bisa jamin kalo bakalan lancar berjalan, namun se-enggaknya kamu udah mencoba & nggak lagi penasaran apa kamu akan berhasil or not. Jangan anggep usia muda kamu sebagai halangan, justru usia muda berarti kamu punya peluang seluas-luasnya (even itu peluang buat gagal dan belajar).

 

Next gimana kalo kita bahas tips buat bikin akun Intagram produk jualanmu bisa lebih efektif alias tepat sasaran dengan manfaatin insight basic di instagram business? Leave your comment ya kalo kamu setuju, atau kamu punya masukan topik asik lainnya? :D

Latest Posts