6 TIPS BUAT USIR INSOMNIA DARI HARIMU

6 TIPS BUAT USIR INSOMNIA DARI HARIMU image

Nggak sedikit loh remaja masa kini yang suka ngepost di socmednya dan ngaku kalo nggak bisa tidur, atau bahkan udah berhari-hari jadi korban insomnia. Mungkin awalnya milih buat nggak tidur karena harus ngerjain tugas sekolah, atau proyek bareng temen di kampus—hingga pada akhirnya, jadi keterusan jadi kebiasaan. Belum ngantuk kalo belum ngeliat Mama Dedeh nongol di TV, yang itu berarti udah pagi.

Kalo kamu udah mulai bosen sama kegiatan susah tidur ini, Prevention punya beberapa tips yang bisa kamu coba terapin, yang siapa tahu bisa ngusir insomnia kamu!

Bangun pagi, biar kenal sama matahari

Bisa jadi selama ini kamu susah tidur karena emang nggak pernah bangun pas matahari bersinar. Ini penting Squad, karena sinar matahari lah yang mengatur munculnya hormon tidur seperti melatonin, hormon inilah yang bakalan bikin kamu tidur lagi di malam hari. Matahari pagi yang baik adalah sebelum pukul 10 pagi, jadi pastiin kalo tubuh dan kulitmu bisa dapet sinarnya sebelum cuaca panas. And make it as a habbit.

Rajin ganti sprei

Coba inget-inget, apalagi yang anak kosan nih. Udah dari kapan seprei yang nempel di kasur kamu itu belum diganti? Kalo kamu aja udah nggak bisa inget kapan, berarti ya udah waktunya dicuci. Hal ini lebih berlaku lagi buat kamu yang sering insom, karena National Sleep Foundation bilang kalo 75 persen orang ngerasa tidurnya lebih baik, kalo sepreinya bersih dan wangi. Ganti dan cuci sepreimu setidaknya seminggu sekali pakai air hangat.

Minum susu

Siapa bilang lemak di susu bisa bikin kamu gendut? Nyatanya nih, susu low fat bahkan belum terbukti bisa kasih manfaat baik buat tubuhmu. Tubuh kita tetap butuh yang namanya lemak, karena kenyataanya orang gendut bukan karena minum susu, tapi makan makanan yang kalorinya lebih dari yang mereka butuhin. Susu ya sehat, selama nggak manis dan minumnya dibarengin sama makan kue tart hehehe.. intinya, buat kamu yang insom, minum susu 1 jam sebelum tidur itu baik, karena kandungan triptofan di susu bisa diubah jadi serotin, dan kalsium juga magnesiumnya bisa bikin tubuhmu lebih tenang.

Threw away your gadget

First of all, matiin dulu semua gadgetmu sebelum tidur. Distraksi dari elektronik di sekitarmu itu ngaruh banget loh sama kualitas tidur yang kamu punya Squad. Soalnya nih, cahaya dari gadget bisa neken hormon tidur.

Reading books

It’s important, selain baca buku bisa bikin kamu makin oke secara emosional. Baca buku juga bisa bikin kamu lebih mudah tidur dan bikin kamu ngerasa seger besok paginya pas bangun. Nggak percaya? Sok atuh dicoba.

Olahraga

Olahraga apa pun yang sesuai dengan kondisi fisikmu bisa jadi terapi yang bagus buat ningkatin kualitas tidur. Contohnya aja Yoga, yang latihannya lebih fokus ke pengaturan nafas. Atau bahkan cuma jalan kakai selama 30 menit, bisa bikin gangguan tidur jadi berkurang.

Jadi nggak selamanya yang namanya nggak bisa tidur itu harus dijadiin kebiasaan, karena kualitas tidur yang baik itu ngaruh banget loh ke kondisimu seharian. Dan obat tidur juga bukan jadi solusi yang baik buat ngatasin bad habit kamu yang satu ini. Coba tips di atas dicobain dulu satu-satu, siapa tahu ada yang 'efektif' buat kamu :D

words: falafu

Latest Posts