6 Langkah Memulai Bisnis dan Ngebangun Branding Buat Kamu yang Masih Pemula

6 Langkah Memulai Bisnis dan Ngebangun Branding Buat Kamu yang Masih Pemula image

Ngaku deh Squad, pasti jauh di dalem hati kamu pernah punya mimpi atau cita-cita buat punya bisnis sendiri kan? Bisa jadi kamu pengen jual sepatu online, bikin wedding organizer, atau punya florist dengan cabang dimana-mana. Now the question is, apa kamu udah berjuang buat memulai bisnis itu? Kalau belum dan ternyata kamu masih bingung, berikut Kak Uma Hapsari selaku CEO dan founder AMAZARA berbagi tips soal how to start till manage your brand. Yuk, disimak baik-baik ya!

 

Don't focus on budgeting, but on solutions

Sering banget orang-orang nggak berani memulai bisnis atau usahanya karena ngaku nggak punya modal. "Budgeting-nya gimana?," "Modal awal berapa," pertanyaan-pertanyaan kaya gini juga sering ditanyain ke AMAZARA. Padahal kalau kamu emang serius mau bikin usaha, jangan fokus di modalnya dulu, karena bisnis kamu nggak bakal jalan kalau kamu terus mikirin hal itu. Nggak usah mikir kudu punya duit berapa, seadanya dulu aja. Yang jauh lebih penting, mau barang ataupun jasa yang kamu jual, harus jadi solusi buat orang lain.

“Karena kalau kamu udah berhasil ngejual ‘solusi,’ percaya deh customer bakal dateng sendiri.”

Jangan cuma ngurusin produk, tapi juga belajar servis yang oke

Kamu salah kalau mikir online shop yang sukses adalah mereka yang punya produk sempurna. Bukan berarti kualitas produk itu jadi nggak penting ya Squad, tapi ada hal lain yang sama pentingnya dan harus ikut kamu perhatiin juga. Yaitu servis pada calon pembeli produk kamu itu. Kalau ditanya, gimana caranya bikin customer yakin sama brand kita biar mereka nggak pindah ke kompetitor, jawabannya adalah kasih mereka servis terbaik dari yang kamu bisa. Sebisa mungkin produk dan servis harus seimbang ya. Percuma kalau produk kamu bagus, tapi customer service-nya jelek.

 

Follower banyak itu penting, tapi follower sedikit and satisfied jauh lebih penting 

Pas AMAZARA live instagram hari Minggu (8/10) kemaren, banyak banget yang nanya "gimana sih cara gain social media presence yang tinggi buat usaha awal?" Ya gimanapun kalau kamu emang baru memulai bisnis, ya nggak bisa langsung tinggi. Kita aja dapet 1000 followers itu setelah 6-8 bulan punya instagram. Intinya, kamu mesti sabar nunggu pertumbuhan followers. Biar sedikit, yang penting mereka puas. Kalau udah puas dengan ngasih banyak review bagus, otomatis mereka bakal selling produk kamu ke sekitarnya tanpa sengaja.

"Satu-satunya cara biar follower-mu makin banyak adalah dengan bikin konten yang menarik. Bikin nama akun yang 'beda', buat foto produk cantik, dan caption yang menarik."

Team building nggak kalah penting. Pastiin kamu hire the right person ya, Squad!

Mau kamu hire yang udah expert atau yang baru lulus sebenernya sah-sah aja. Yang penting orang-orang yang kamu rekrut tadi bisa nyesuain diri sama culture bisnis yang lagi kamu bangun. Semuanya jelas ada untung-ruginya. Siapapun person yang kamu hire nanti, jangan lupa buat selalu adain training dan meeting berkelanjutan. Tujuan punya culture kerja yang baik sih sederhana, biar team kamu punya inisiatif dan rasa memiliki yang bagus. Jadi pimpinan nggak perlu capek terus-terusan ngawasin kerjaan setiap orang satu per satu.

 

Jangan nyerah kalau penjualan kamu ternyata stuck, itu hal biasa kok dalam dunia bisnis

Penjualan naik turun pas baru memulai bisnis itu hal yang biasa banget, Squad. Semuanya tergantung sama marketing yang kamu lakuin. Dan kalau pengen marketing yang paling ngena ke calon customer, kamu juga harus punya modal atau budget buat hal itu. Bikin iklan di instagram atau facebook misalnya. Sebenernya ada lagi cara lain buat ningkatin penjualan produk kamu. Bisa dengan minta testimoni atau review dari customer, terus taruh di instagram, blog, atau media apapun yang kamu pake buat marketing. Percaya deh, kalau produk kamu udah jadi bahan pembicaraan dan dipuji banyak orang, pelan-pelan penjualanmu bakal meningkat.

"Mau review-nya bagus atau jelek, harus tetep diterima. Mintalah review sejujur mungkin, biar bisa memperbaiki produk ke depannya."

 

Branding itu ilmu dari A-Z, yang paling harus kamu kuasain adalah be consistent!

Branding itu sesuatu yang besar, long term. Jangan berharap bakal dapet hasil instan sebelum kamu konsisten sama branding yang kamu bangun. Kaya yang udah dibilang artikel soal branding sebelumnya, kamu kudu bikin mood board dulu. Misal warnanya pink, mesti sama dengan bahasa yang dipakai CS-nya, tulisan di blog, and all things related with your business. So, be consistent sama objective kamu dari awal ya, Squad!

Udah yakin dan mantep buat memulai bisnis kamu sendiri belum nih? Semoga sukses tanpa halangan yang berarti ya. Atau kalau kamu pengen sharing tips lain dan misal ada yang masih mau ditanyain lagi, bisa langsung tulis di kolom komentar. AMAZARA will try our best to reply to them one by one! :)

Latest Posts