5 Steps to Managing Your Personal Finances. Pengen Punya Masa Depan Terjamin, Kan?

5 Steps to Managing Your Personal Finances. Pengen Punya Masa Depan Terjamin, Kan? image

Apa kamu ngerasa kalo gaji kamu dalam sebulan cuma numpang lewat aja, Squad? Parahnya, hampir separuh gaji itu kepake cuma buat bayar utang. Kalo emang dua fenomena ini 'rajin' kamu ulang-ulang terus, udah waktunya kamu belajar manage keuangan kamu sendiri. Do it this way, Squad!

 

Start with goals

Ada beberapa orang yang nyisihin duitnya buat beli rumah di perumahan real estate, ada juga yang punya mimpi buat traveling keliling dunia, dan banyak yang lainnya. Yang pasti, tiap orang harus punya tujuan. Karena hal ini bakal bikin kamu gampang buat ngatur keuangan pribadi.

"Goals juga bisa jadi motivasi buat terus ngumpulin pendapatan lho."

 

Create a Plan

Banyak survei bilang, kalo kebanyakan orang ngabisin sekitar 2/3 dari pendapatan mereka buat tiga hal penting. Mulai dari makanan, perumahan, dan transportasi. Tapi bukannya kamu juga butuh barang-barang opsional kaya hiburan?

“Nah, karena itulah, ada baiknya kamu bikin anggaran tahunan atau bulanan dan ngalokasiin tujuan belanja kamu.”

 

Stick to your budget

Makin ke sini emang makin banyak online shop, kaya AMAZARA salah satunya, hehehe. Online shop dan juga toko-toko offline emang diciptain buat ngegoda kamu. Jadi jangan heran kalo selalu banyak tawaran promosi atau diskon dari mereka. Tapi kalo emang kamu udah punya plan yang jelas, kamu nggak bakal kegoda sama tawaran-tawaran mereka, Squad.

 

Save for the future

Menabung adalah kegiatan yang perlu kamu pupuk sejak dini. Udah kamu biasain belum, Squad? Kalo belum, mulai dari sekarang aja yuk! Kamu bisa mulai dengan nyisihin sebagian kecil dari gaji kamu. Ini jelas penting banget buat dana cadangan alias masa depan kamu.

"Biar nabungnya gampang, kamu bikin aja dua rekening bank yang beda. Salah satunya beneran dipake nabung dan nggak usah bikin ATM-nya."

 

Find more than one source of revenue

Di zaman now, apapun bisa terjadi. Siapapun bisa kehilangan pekerjaan atau ngalamin pemotongan gaji. Hal ini bisa kamu antisipasi kalo kamu punya sumber penghasilan yang lain.   Kalo masih punya waktu luang misalnya, kamu bisa cari kerjaan freelance sesuai hobi. Atau kamu bisa nyoba jualan online kuliner, baju preloved, sepatu kekinian, atau apapun.

Kira-kira kebiasaan di atas udah kamu terapin semua belum, Squad? Kalo kamu punya cara jitu lainnya, bisa kamu tulis di kolom komentar ya! Intinya, jadi cewek itu harus independen. Selain dari finansial, juga dari hal-hal yang lainnya. Tap this link yuk buat jadi cewek independen.

Latest Posts