5 Soft Skills to Improve. Kunci Sukses yang Bakal Berguna Buat Masa Depan Kamu!

5 Soft Skills to Improve. Kunci Sukses yang Bakal Berguna Buat Masa Depan Kamu! image

Apa sekarang kamu lagi berjuang buat nyelesein skripsi, Squad? Abis itu kamu masih butuh berjuang lagi buat diterima masuk dalam dunia kerja. Eits tapi kamu jangan salah, bekal paling penting ternyata bukan status akademik lho. What's more important is soft skills atau kemampuan kamu dalam berinteraksi. Mulai sekarang, pelajarin dan kuasain 5 hal di bawah ini ya!

“You should have an attitude and good personality, which helps in maintaining a better relation between people”

Negotiation skill

Kalo kamu emang pengen jadi seorang leader, kamu kudu punya soft skill yang satu ini. Soalnya kebanyakan pemimpin bakalan bernegosiasi sepanjang harinya, Squad. Mau itu sama karyawan, klien, temen, dan bahkan keluarga. Seorang negosiator juga harus punya sikap percaya diri, ngehargain orang lain, ramah, dan sopan.

"Negosiasi yang sukses adalah saat kedua belah pihak ngerasa puas sama kesepakatan yang udah diambil."

Effective communication skill

Kemampuan komunikasi yang oke bakalan bisa ngubah hidup seseorang lho, Squad. Komunikasi yang baik bisa bikin pesan kamu sampe tepat pada sasaran, jadi lawan bicara kamu nggak ngerasa kebingungan. Dan yang perlu kamu catet, pekerjaan apapun di dunia ini butuh yang namanya komunikasi.

 

Emotional management skill

Dua ciri kalo kamu udah punya soft skill yang satu ini adalah, kamu punya kemampuan buat berempati dan bisa ngelakuin interaksi sosial.

Empathy is an ability to read and feel what others are feeling. Contohnya, kaya #AmazaraCS yang sabar banget pas ngelayanin para customer nanya-nanya sepatu lucu.”

Selain itu, seorang leader juga dituntut buat pinter ngelola perasaan orang lain dengan baik. Termasuk, ngontrol perasaannya sendiri biar nggak ngeganggu pekerjaan dan produktivitasnya.

 

Accepting critism skill

"Kamu nggak berhak dapetin pujian, kalo kamu nggak bisa nerima kritikan."

Seorang leader harus  bersikap open minded. Artinya, kamu kudu terbuka sama macem-macem argumen, ide, pandangan, termasuk apa yang orang lain bilang soal diri kamu. Tentu aja kamu nggak bisa milih buat denger yang baik-baik aja, kritik pun juga harus mau kamu terima. Dapetin kritik  bakal bikin kamu tahu apa aja yang kurang dan harus diperbaiki dari diri kamu, Squad.

 

Growth mindset

Growth mindset adalah tipe orang yang nggak gampang nyerah. Mereka yang punya soft skill ini bakal selalu mikir positif soal kemampuan diri mereka.

"Lebih dari itu, kita juga harus percaya kalo kecerdasan selalu bisa dikembangin. Otak sama dengan otot yang bisa dilatih."

Udah siap jadi orang sukses, Squad? Kalo kamu punya kunci sukses lainnya, bisa tulisin di kolom komentar ya :D

Latest Posts