5 Langkah Sederhana Mengatur Inventory Online Shop Buat Kamu Para Pemula

5 Langkah Sederhana Mengatur Inventory Online Shop Buat Kamu Para Pemula image

Apa sekarang ini kamu lagi fokus mantepin hati buat mulai bisnis online shop, Squad? Entah kamu mau jual buku, sepatu original, baju kekinian, atau apapun, yang jelas produk bakal jadi hal utama. That’s why, kamu butuh tahu 'gimana sih cara yang bener dan gampang buat ngatur inventory online shop kamu?' If you're still confused, berikut Kak Uma Hapsari selaku CEO dan founder AMAZARA will give you some tips about stock management. Disimak baik-baik ya!

 

Tiap ada barang masuk, jangan lupa di-QC (quality control) dulu ya

Sama kaya namanya, quality control berguna buat ngecek kualitas si barang itu. Tujuan lainnya, bisa buat meminimalisir adanya return dari customerAfter QC, let's check the number of items inbound area. Setelahnya, baru ditaruh di rak-rak sesuai jenis atau alokasinya masing-masing.

“Selain itu, jangan lupa pastiin adanya nota dari pihak produsen ya. Jumlah barang yang ditulis dinota harus sama dengan jumlah produk yang dikirim.”

Pakai prinsip FIFO (First In First Out) dalam penataan barang di gudang kamu

Have you ever heard about this, Squad? Jadi, kalau kamu make FIFO, barang paling lama harus kamu ambil duluan. Jangan sampe barang yang duluan dateng malah dikirimnya paling terakhir. Selalu biasain buat naruh barang lama di rak bagian atas, dan barang baru di rak bawah. Biar kamu ngambilnya lebih enak dan nggak salah-salah.

“Prisip ini beneran harus kamu kuasain buat ngehindarin barang kadaluwarsa, seandainya produk yang kamu jual punya batas waktu penggunaan.”

 

Return itu hal biasa dalam dunia per-onlineshop-an, jangan sampe kamu berkecil hati ya

“Gimana sih kak cara pengaturan return stock? Kan kalau jualan suka ada yang tukar produk, dan barang akhirnya masuk ke gudang lagi.”

Pas live instagram hari Selasa (17/10) kemaren, ada yang nanyain soal yang satu ini. Di AMAZARA juga kan ada garansi return yang berlaku 30 hari setelah produk diterima customer. Nah, kalau ada barang return, yang mesti kamu lakuin pertama adalah quality control (lagi) buat tahu return-nya itu sebenernya karena apa. Entah itu kekecilan, ada noda tinta, kurang lem, atau apa. After knowing the damage, kamu bisa balikin barang ke produsen buat ngelakuin repair. Abis itu baru deh bisa masuk ke rak-rak dalem gudang lagi. Sebenernya tergantung juga gimana deal sama produsen kamu di awal ya.

 

Buat meminimalisir adanya selisih atau salah itung barang, lakuin stock opname secara konsisten

Banyak online shop yang meski kelihatannya sukses, tapi ternyata masih aja ada selisih stok barang antara yang ada di gudang sama data di komputer lho. Biar kamu nggak sampe ngalamin hal kaya gini, you should do yang namanya stock opname. Biar nggak ada selisih yang banyak banget, kamu emang harus ngontrol stok dengan rapi. Cocokin barang fisik yang ada di warehouse dan berapa angka yang tertulis di komputer kamu. Be consistent ya Squad!

"Stock opname ini tujuannya buat meminimalisir stok fisik yang nggak sesuai dengan data di komputer. Jadi ngga perlu kamu hitung se-gudang, cukup pilih aja beberapa model buat di-SO tiap hari."

 

Kalau kamu bener-bener baru mulai buka online shop, nggak ada salahnya kok jadi reseller dulu

Baru mau buka online shop, nggak usah pusingin soal nyetok barang langsung atau mau jadi reseller. Kalau modalnya masih dikit, dan emang ada chance buat jadi reseller, manfaatin kesempatan itu aja. AMAZARA dulu awalnya juga jadi reseller sepatu kaya Ardiles, Homyped, dan sebagainya. Become a reseller sebenernya berguna to learn business patterns before you have your own brand.

“Kalau kamu udah paham tentang industrinya, baru deh kamu bakal lebih pede buat bikin brand sendiri”

Udah makin mantep buat ngejalanin bisnis online shop kamu, Squad? Don't be afraid with rivalry, yang penting produk kamu punya value dan service yang bagus, itu udah bisa jadi modal. Kalau punya pertanyaan dan tips lain soal inventory bisa langsung ngobrol di forum aja ya. Bisnis makanan juga kayanya menarik lho buat dicoba. Apalagi kalau kamu ngejual 7 makanan yang lagi hits ini. Duh!

Latest Posts