5 Hal yang Mesti Kamu Lakuin Biar To Do List yang Kamu Bikin Makin Efektif

5 Hal yang Mesti Kamu Lakuin Biar To Do List yang Kamu Bikin Makin Efektif image

Pernah nggak sih kamu ngerasa kalo hari-hari yang kamu jalanin selama ini kurang produktif, Squad? Kalau iya, kayanya mulai sekarang kamu perlu deh bikin to do list harian yang isinya daftar tugas harian yang emang harus kamu kerjain. Tujuannya, biar kamu nggak sampe ngelupain tugas-tugas penting, tetep fokus, makin pede pas ngadepin kerjaan, dan nggak ngerasa khawatir kebangetan kalo keinget ada tugas yang belum kelar. Nah, AMAZARA punya tips nih, biar to do list yang kamu bikin lebih efektif.

 

Apply method 1-3-5

Satu hal yang mesti kamu catet, jangan pernah ngekhawatirin jumlahnya. Jadi, seberapapun banyaknya tugas atau kerjaan yang harus kamu lakuin, pasti bakalan bener-bener kelar kalo kamu ngerjainnya sesuai sama prioritas. Cara kerja metode ini gini Squad, kamu harus prioritasin satu tugas paling besar dalam sehari, ditambah tiga tugas standar atau bisa dibilang yang kurang penting, dan akhirnya lima tugas kecil-kecil. Ngerjainnya harus selalu urut ya!

 

Make it in the night

Banyak orang yang kerja di siang hari, dan mereka juga bikin to do list harian di pagi hari alias cuma beberapa jam aja sebelum berangkat ke kantor. Padahal, kalo sistemnya kaya gitu bisa jadi pas nulisinnya kamu banyak ngelupain hal-hal kecil karena keburu-buru. Kaya lupa ngembaliin sepatu temen yang kemarin kamu pinjem misalnya. Kelihatan sepele sih, tapi bisa fatal juga.

“Biar lebih efektif lagi, mulai sekarang coba bikin to do list kamu di malem harinya ya. Karena kamu lebih luang, harapannya kamu pun bisa ngerancang hari esok persis kaya apa yang kamu mau.”

 

Put in the order based on the priority

Biar kamu bisa konsisten ngejalanin metode 1-3-5 kaya di poin awal tadi, kamu harus paham prioritas tugas-tugas kamu dulu, Squad. Tugas yang paling mendesak kudu kamu kerjain duluan, baru abis itu kamu bisa ngerjain tugas-tugas ‘pendukung’ lainnya. Tapi inget ya, jangan cuma fokus sama yang kamu pengen aja. Kamu juga mesti merhatiin apa yang jadi kebutuhan kamu.

 

Estimate the time of each task

Selalu biasain diri kamu buat ngira-ngira waktu yang diperluin untuk nyelesein masing-masing tugas yang kamu tulis dalam to-do list itu. Kalo kamu udah punya bayangan soal berapa lama waktunya, nanti kamu bakalan paham berapa total waktu yang kamu butuhin buat nyelesein semua tugas harian itu. Harapannya, kamu nggak bakal lagi buang- buang waktu cuma buat ngerjain aktivitas yang nggak penting.

"Biasain buat nulis perkiraan waktu di samping kanan masing-masing tugas ya, Squad."

Write down your task in an imperative sentence

Sebenernya kamu ngeh nggak sih Squad, apa tujuan paling penting dari dibikinnya to do list ini? Jadi, to do list bisa dibilang sebagai alat buat merintah diri kamu sendiri. Harusnya sih bakal lebih efektif kalo kamu make kalimat perintah buat nulis tugas-tugas di to do list yang kamu bikin itu. Daripada cuma "membuat desain promo hari Ibu" misalnya. Bakal lebih oke kalo yang kamu tulis adalah, "buat desain promo hari Ibu!!!"

“Meski kelihatannya sepele, tapi hal ini bisa bikin otak kamu lebih cepet mroses apa aja yang kudu kamu kerjain.”

Apa kamu udah siap bikin to do list yang lebih efektif buat besok, Squad? Kalo kamu punya tips lain yang jadi andalan, boleh banget buat share di kolom komentar :D Selain bikin to do list, kamu juga harus nguasain tips time management, biar hari-hari kamu ke depan nanti makin prouktif.

Latest Posts