5 HAL YANG BISA DICONTEK DARI NINA MORAN, THE CEO OF GOGIRL! MAGZ

5 HAL YANG BISA DICONTEK DARI NINA MORAN, THE CEO OF GOGIRL! MAGZ image

Memulai bisnis dari usia semuda mungkin adalah salah satu koentji, Squad. Nina Moran (co-Founder and CEO of Gogirl! Magz) bersama kedua adiknya nekat bikin majalah mereka sendiri di usianya yang baru 25 tahun. Waktu itu kak Nina emang udah lulus kuliah, tapi kedua adiknya masih duduk di bangku sekolah.

Gali terus potensi selagi muda, dan jangan takut bikin salah atau gagal.

Amazara sangat terinspirasi sama sosok kak Nina dalam memimpin Gogirl!. Kontennya bisa ngikutin trend, tapi nggak kehilangan bobot yang worth to read. Bener kata orang, usaha nggak akan pernah menghianati hasil.

That's why we should learn these 5 things from her:

1. MEMULAI DARI PASSION DAN HOBI

Nina dan kedua adiknya (Gita Moran & Anita Moran) emang doyan banget baca majalah. Nina bilang kalo saking nggak punya uang buat beli majalah yang harganya cukup mahal, mereka bertiga sampe beli majalah bekas. Hobi baca majalah inilah yang akhirnya bikin Nina bisa ngeliat peluang bisnis : ada kekosongan majalah perempuan usia remaja di Indonesia yang bisa mereka isi.

Nah kalau kamu punya passion yang ingin kamu kembangkan jadi bisnis, coba deh lihat lebih dalam. Apakah masih ada peluang yang bisa kamu isi?



2. NEVER GIVE UP

Walau pun harus keluar masuk bank buat cari pinjaman modal dan sempet dibilang kalo proposalnya sampah, Nina nggak nyerah gitu aja. Kegigihannya inilah yang akhirnya bikin sang ayah berani buat meminjamkan uang warisan 1,3 miliar untuk modal bagi ketiga putrinya untuk bikin Gogirl! Magz.

Selama kamu yakin berada di jalur yang tepat, don’t give up! Keyakinan yang disertai usaha dan evaluasi diri akan berbuah manis.


3. KEINGINAN UNTUK MENGINSPIRASI

Setiap kali ditanya ‘are you in the business of publication or inspiration?’, maka jawaban Nina dan kedua adiknya adalah inspiration. Jauh di balik itu, mereka bertiga pengen banget bantu mengedukasi perempuan muda di Indonesia dengan cara memberi konten yang berkualitas dan balance, ketika banyak majalah lain lebih banyak menjual iklan dan gambar. Isi dari majalah harus bisa menggerakkan pola pikir pembacanya ke arah yang lebih positive. “Because we sell content, not a printed product”, kata Nina Moran.

Pelajaran yang bisa ambil dari sini adalah ketulusan untuk membantu customers / followers. Bisnis yang great nggak akan peduli hanya pada aspek produk saja.

4. INOVASI

Kita semua sudah dengar kalau koran, majalah dan media cetak lainnya diprediksi akan segera tumbang di era digital ini. Tapi ngelihat pertumbuhan GoGirl!, kayaknya kok stigma itu bisa dipatahkan ya Squad. Soalnya GoGirl! tanggap banget sama perubahan.

Sudahkah kita bertanya apakah kita sendiri sudah cukup berinovasi buat ngelawan arus yang mungkin menjatuhkan kita?

Lihat sendiri kan gimana sekarang Gogilrl! udah beda banget bentuknya? Nggak cuma itu, mereka juga aktif di Instagram. Websitenya juga inovatif sampai ada e-store nya! Itulah kenapa buat Nina Moran, era digital bukan masalah utama. Yang masalah justru adalah ketidak-mauan para pemain di media cetak untuk berinovasi di era digital ini.



5. DREAM BOARD & START FROM VERY YOUNG AGE

Nina punya kebiasaan bikin dream board di ruang kerjanya. She said when you schedule it, it’s real. Nggak jarang Nina mikir bahwa apa yang ditempelnya sebagai target is too much and looks impossible, tapi ketika ada dari salah satu yang akhirnya jadi nyata—rasanya juga luar biasa.

Jadi jangan pernah takut bermimpi, dan targetin impianmu walau mungkin detik ini masih keliatan nggak mungkin kejadian.


Nah, buat yang masih clueless nantinya mau berbisnis, berkarir, atau tetep fokus kuliah dulu sampai selesai; Coba baca artikel tentang "Perlu nggak sih jadi sarjana?" biar dapet pencerahan :D

Good news : Amazara & GoGirl! bakalan team up bikin event di Jogja akhir Juli ini nih Squad. Kira-kira kamu pengen acara yang gimana ya? Mentoring tentang entrepreneurship? Kelas fotografi & vlog yang lagi hits? Atau coaching buat bikin konten kreatif di Instagram? Kasih tau kita di kolom comment yuk :D

Latest Posts