5 Cara Ini Berguna Buat Kamu yang Pengen Survive di Dunia Kuliah. Buktiin deh!

5 Cara Ini Berguna Buat Kamu yang Pengen Survive di Dunia Kuliah. Buktiin deh! image

Bisa dibilang euforia masuk kuliah biasanya bakal dirasain pas semester awal, sebelum tugas mulai segambreng dan ketemu sama yang namanya patah hati karena gagal LDR sama pacar dari zaman SMA hehehe. Tapi nggak nutup kemungkinan juga kalo sejak awal kuliah kita udah ngerasain yang namanya culture shock, apalagi kalo mesti ninggalin kota kelahiran dan keluarga besar buat ngekos di kota lain. Waktu adaptasi untuk akhirnya bisa ketemu temen main yang cocok bisa kerasa struggle banget ya Squad? But here a few tips to help you get through those moments!

 

Stay away from social media

AMAZARA paham banget nih, kalo pas lagi mati gaya di kampus, smartphone adalah salah satu jurus jitu buat melarikan diri dari kehidupan nyata. Tapi apa kamu yakin kalo ngabisin waktu dengan scrolling timeline social media bisa bikin kehidupan perkuliahan kamu lebih enteng?

Social media apps like Instagram or Facebook didesain cuma buat ngelihatin the best parts of everyone’s day—yang bisa bikin kamu justru jadi kejebak sama proses ngebandingin kehidupan kamu yang lagi nelangsa sama kehidupan temen-temen yang 'kayanya' selalu happy.

"Try to remove yourself from those apps, and it will not only stop you from comparing yourself to everyone else’s, but will also give you more time buat invest waktu nyoba adaptasi sama lingkungan kampus."

Ngobrol deh banyak-banyak sama senior

Mereka yang udah lebih dulu ngerasain asam garam dunia perkuliahan jelas adalah orang yang tepat buat kasih kamu nasihat positif, Squad. Jadi kalo kamu punya kenalan senior, jangan ragu buat sesekali main sama mereka dan ngobrol bareng. Ini jauh lebih baik, ketimbang kamu curhat di timeline social media, atau justru curhat sama temen yang lagi ngalamin kesulitan yang sama tapi sama-sama belum punya jalan keluar.

 

Inget perjuangan kamu selama ini

Masuk ke kampus favorit jelas bukan hal yang gampang, AMAZARA juga ngerti kok gimana rasanya. Apalagi kampus yang emang udah kamu cita-citain banget sejak awal masuk SMA. Coba re-call ulang semua perjuangan kamu buat jadi mahasiswi dan inget-inget lagi alasan baik di balik kamu akhirnya memilih tempat kuliahmu sekarang.


"When things get hard, it will help you to reduce your stress, or at least bisa tetep semangat buat belajar dan terus belajar."

Karena ada banyak banget kesempatan buat nggak serius dalam ngejalanin study di bangku perkuliahan, yang akhirnya bisa bikin seseorang jadi mahasiswa abadi a.k.a nggak lulus-lulus.

 

Cari kesibukan selain belajar

Jelas harus yang positif ya, dan kalo bisa masih berhubungan sama lingkungan kampus Squad. Daripada ngedekem terus di kamar dan ngeratapin nasib, lebih baik perluas pergaulan kamu dengan ikutan ekstrakulikuler yang emang kamu banget. Bisa olahraga, seni, atau apapun yang bisa ngedistraksi fokus kamu ke rasa nggak betah sama dunia perkuliahan.

 

Main bareng sahabat di luar dunia kuliah

Kalo kebetulan kamu dan sahabat kamu zaman SMA ada waktu yang pas buat ketemuan, manfaatin waktu itu buat quality time bareng deh Squad. Karena gimanapun, mereka adalah sosok yang paling ngerti gimana kamu sesungguhnya. Meskipun kamu nggak harus nyeritain problem kuliah sama mereka, kamu bisa punya sejuta topik lain buat diobrolin kan? Kalian bisa hangout bareng ke mall misalnya, lumayan dong kalo malah dapet sepatu baru. Jadi bisa sekalian nge-refresh otak juga.

"Memasuki dunia perkuliahan kadang emang nggak mulus, bahkan bisa bikin kita ngerasa kesepian. Kuncinya adalah jangan pernah ngebandingin pengalaman kamu sama pengalaman orang lain, apalagi perasaan kamu sama perasaan orang lain."

Kamu sendiri punya pengalaman menantang apa nih Squad selama beradaptasi sama dunia kampus yang semuanya baru buat kamu? Share di kolom komentar ya :D Bakal jadi kabar bagus banget kalo ternyata kamu udah nemu temen deket di kampus. Tap this link yuk buat mertahanin mereka :)

Latest Posts