5 Cara Bijak Mengelola THR. Kamu Nggak Mau Duit Itu Numpang Lewat Aja Kan?

5 Cara Bijak Mengelola THR. Kamu Nggak Mau Duit Itu Numpang Lewat Aja Kan? image

Buat kamu yang udah kerja, pasti antusias banget kalo udah deket sama momen lebaran. Soalnya, di momen ini juga bakal ada pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) dari pihak perusahaan. #AmazaraTeam juga pada antusias banget kok, hehe.

THR adalah bonus yang dibagiin ke karyawan khusus buat menunjang keperluan hari raya. Perhitungannya emang diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP), tapi pengelolaannya tetep ditentuin sama kebijakan perusahaan masing-masing. Apa kamu udah bisa ngelola duit THR itu dengan maksimal, Squad? Kalo belum, simak cara dari AMAZARA ini yuk!

 

Buat rencana pengeluaran lebaran

Dari namanya aja harusnya kita udah paham, duit ini emang ditujuin buat nutup kekurangan dana pas kamu lagi belanja kebutuhan lebaran. Jadi, bakal lebih baik kalo kamu rencanain di awal. Buat daftar belanja, termasuk keperluan buat mudik ya.

"Kamu harus udah bisa bedain mana yang bener-bener kebutuhan, dan mana yang cuma keinginan. Jangan borosnya kebangetan ya!"

 

Pisahin THR dengan gaji bulanan

Gaji itu adalah pendapatan rutin kamu tiap bulan buat ngebiayain keperluan sehari-hari. Nah, kalau THR itu adalah bonus yang bakal cuma dikasih perusahaan setahun sekali. Jadi, kalo kamu pengen beli sesuatu yang nggak ada hubungannya sama lebaran kaya hape atau laptop, kamu bisa make duit gaji bulanan aja.

 

Jangan lupa siapin juga dana nggak terduga

Di momen lebaran ada banyak banget keperluan yang sifatnya mendadak atau mendesak. Harga tiket mudik yang di luar budget alias udah naik berkali-kali lipat misalnya, belum lagi oleh-oleh buat keluarga dan saudara. Jangan lupa siapin juga dananya, biar keuangan kamu tetep stabil.

 

Usahain buat nggak make kartu kredit ya, Squad!

Sebisa mungkin jangan make kartu kredit buat bayar keperluan lebaran. Usahain deh make THR yang kamu punya dulu. Takutnya di belakang nanti kamu malah punya banyak utang, padahal kamu juga mesti jaga keuangan biar tetep stabil kan?

"Cara nyiasatinnya, kamu mesti nentuin skala prioritas dulu ya, Squad!"

Maksimalin THR buat investasi

Kalo kondisi keuangan kamu udah cukup baik dan kamu punya anggaran yang cukup buat lebaran, lakuin strategi terakhir ini. Kalau investasi nggak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi? Ada banyak banget pilihannya, bisa investasi emas, deposito atau reksadana.


"Nggak mesti jutaan kok Squad, make duit ratusan ribu aja sekarang kamu udah bisa mulai investasi buat masa depan."

Jadi, udah dipake buat apa aja nih duit THR-nya? Semoga masih ada sisanya ya, Squad. Kalo kamu punya cara lain yang juga ampuh buat ngelola THR, boleh share di kolom komentar ya. Btw, kalo lebaran gini kamu paling kangen sama makanan apa sih? Tap this link yuk buat tahu makanan-makanan yang nggak pernah absen pas lebaran :)

Latest Posts