4 Hobi Asik yang Bisa Menghasilkan Uang. Apa hobi-mu Salah Satunya?

4 Hobi Asik yang Bisa Menghasilkan Uang. Apa hobi-mu Salah Satunya? image

Sampai hari ini kamu masih bingung mau bangun bisnis sampingan apa, Squad? Coba deh lihat keseharianmu sendiri, apa kira-kira hobi yang kamu punya—yang siapa tahu bisa jadi pendapatan sampingan juga.

“Ada yang bilang, orang beruntung itu bukan orang kaya, tapi orang yang bisa jadiin hobinya sebagai karier.”

Hobi apa sih yang zaman sekarang punya peluang bisnis yang besar buat dijalanin? AMAZARA bakalan bahas 4 hobi yang bisa kamu pelajarin sendiri dan mungkin, bisa jadi karier masa depanmu :D

1.Design grafis

Punya hobi gambar dari kecil tapi kebetulan nggak kuliah di jurusan ini? Eits, jangan sedih dulu. Darah seni kamu bisa banget kok jadi peluang bisnis kalo kamu latihan ekstra, karena yang AMAZARA tahu nih, mereka yang bekerja di bidang kreatif punya standar keahliah yang sesuai sama jam terbangnya.

Kamu bisa mulai bikin akun Instagram buat portofolio onlinemu. Yakin deh, semakin bagus hasil karya yang kamu punya dan kamu 'pamerkan', tawaran pundi-pundi uang bakalan datang dengan sendirinya.

“Sebagai pekerja seni kamu juga harus pandai menghargai karya yang kamu buat. Di awal, sambil latihan kamu boleh kasih gratisan sekaligus promosi, tapi biar kamu makin professional dalam menjalani hobi ini, kamu harus punya price-list untuk karyamu.”

2. Menulis

Nggak harus jadi full time writer, jadi freelance writer juga cukup bisa kasih kamu uang jajan yang lumayan. Plus, pekerjaan yang satu ini bisa kamu jalanin mobile. Kamu cuma butuh waktu dan juga koneksi internet. Gimana cara mengasah hobi yang satu ini? Dengan banyak membaca.


“Mission imposible kalo kamu mau jago nulis, tapi males baca.”

Misal kamu mau jadi penulis novel, maka rajin-rajin deh kamu baca novel dari berbagai penulis yang karyanya bisa ngasih kamu inspirasi. Plus, asah terus kemampuan kamu di setiap kesempatan. Semakin sering kamu menulis, semakin baik tulisanmu. Pssstt.. Konten writer AMAZARA punya tips khusus nih, coba kamu tulis sesuatu dan baca lagi tulisan itu berkali-kali setelahnya, supaya kamu bisa mengedit tulisan itu lagi dan lagi sampai terbaca sempurna. Abis itu jangan ragu atau malu kirim hasil karyamu ke penerbit yang sekarang jumlahnya buanyak banget, pilih penerbit yang mendistribusikan karyanya lewat Gramedia.

3. Traveling & Kuliner

Hobi makan? Ya siapa yang nggak doyan makan? Hehehe.. tapi nggak semua orang yang doyan makan, pinter ngereview makanan yang mereka makan lho Squad. Begitu pun mereka yang hobi jalan-jalan. Daripada selama ini pengalamanmu nganggur gitu aja di ingatan, nggak ada salahnya coba share pengalaman jalan-jalan kamu ke berbagai tempat selama ini. Biasanya yang bisa dijual adalah tips traveling ekonomis dan lengkap.

“Coba mulai catat semua pengeluaranmu selama mengunjungi sebuah tempat dan kemudian posting hal itu di blog dan social mediamu. Punya keahlian di bidang fotografi is a must!”

Kalo banyak orang yang merasa terbantu, nggak tertutup kemungkinan sooner or later kamu bakalan dikontak sama travel magazine buat jadi kontributor lepas dan bisa jalan-jalan gratis. Asik banget ya!

4. Fashion

Ini yang bisa jadi hobi paling hits era sekarang. Yes, doyan sama fashion bisa bikin kamu jadi selebgram dengan ratusan ribu followers dan menghasilkan pundi-pundi uang yang segambreng. Kalo kamu punya ketertarikan di bidang fashion dan banyak temen-temen yang muji tastemu dalam berpakaian, kenapa nggak jadiin OOTD-mu jadi katalog online banyak brand.

Mulai dari koleksi sendiri yang rajin kamu tag ke brand tempat kamu belanja, sampai akhirnya kamu bakalan dikirimin banyak barang gratisan dari brand yang mempercayakan kamu sebagai brand ambassador-nya. Modalnya? Kamera yang bagus dan basic editing photo. Paling penting yang bisa jadi modal kamu buat jalanin hobi ini adalah originalitas.

“Style fashion yang kamu bawa harus unik dan berbeda, atau setidaknya orang bisa membedakan timeline instagrammu dengan selebgram lain.”

Jangan males bales komen orang biar kamu punya fanbase yang aktif. Percaya deh, selebgram yang pinter komunikasi sama followers sekarang udah jarang dan bisa jadi nilai lebihmu.

Itu dia Squad beberapa hobi yang bisa jadi peluang bisnis dan juga karier. Nggak selalu kok kita cari uang yang sesuai sama title pendidikan kita. Jangan buat gelar pendidikan menghalangi kesuksesan dan passionmu akan sesuatu, jangan mau tinggal di dalam kotak yang kamu bangun sendiri.

Share yuk apa nih hobi kamu yang kamu impikan bisa jadi future business? Jangan lupa mampir ke artikel terbaru AMAZARA kemarin soal Gusti Nurul, puteri kerajaan Mataram yang berani nolak buat dipoligami presiden pertama Indonesia di zamannya. Tap this link!

Written by Fa

Latest Posts