3 Kemampuan Time Management Ini Harus Kamu Punya di Usia 20-an Squad!

3 Kemampuan Time Management Ini Harus Kamu Punya di Usia 20-an Squad! image

"More work hours doesn't mean more productivity," Etienne Garbugli.

Kamu setuju nggak sama quote di atas, Squad? Kalau jam kerja kamu makin panjang, bukan berarti bakal makin banyak kerjaan yang kamu selesein juga ya. Sebaliknya, even though your working hours are few, asal kamu produktif, kerjaan kamu juga bakal kelar semua. Nah, karena itulah kamu butuh yang namanya time management atau pengelolaan waktu.

Jadi, yang dimaksud sama time management itu adalah ability tiap orang buat ngerencanain dan ngontrol waktu yang mereka punya. Gimana caranya biar tiap jam yang kamu alokasiin dalam satu hari penuh, bisa kamu pake buat mencapai goal kamu dengan efektif. Sebagai cewek, tentu kamu harus nguasain trik ini Squad. Suatu hari nanti kamu bakal berkeluarga dan bakal punya banyak urusan. Yuk belajar ngatur waktu biar efisien!

 

1. Keep the same context throughout the day

"Cause switching between projects / clients is unproductive."

Fokusin waktu yang kamu punya buat satu tugas atau kerjaan. Jangan sampe you do multiple jobs dalam satu waktu. Ngelarin skripsi sambil belanja sepatu online dan merajut misalnya. Kalo kamu ngebiasain hal kaya gini, pikiran kamu bakal kepecah and make the final result nggak maksimal. Percaya deh, lama-lama nanti kamu bakal ngerasain manfaatnya. Nah, kalo udah tau tuh apa manfaatnya, kamu bakalan ketergantungan dan susah lepas dari satu kebiasaan.

 

2. Break the unreasonable down into little reasonable chunks


“A big goal is only achieved when every little thing that you do everyday, gets you closer to that goal.”

Buat nyelesein semua kerjaan, kamu nggak bisa cuma modal optimis aja, kamu juga kudu realistis Squad. Karena itulah, penting buat kamu ngebagi goal atau to do list jadi bagian-bagian kecil. Makin detail to do list yang kamu bikin, justru makin bagus. Kalau udah dipisah jadi kegiatan-kegiatan kecil, kamu jadi bisa ngatur segala kegiatan kamu jadi lebih baik lagi. Apapun goal kamu, break them down into small, managable tasks. Jadi eksekusinya realistis sesuai kemampuan.

"Tapi, kita juga nggak nyaranin kamu buat ngabisin waktu untuk ngelakuin terlalu banyak hal-hal kecil. Kalau bisa didelegasiin atau diserahin ke orang lain, itu bakal lebih bagus."

3. Get a reminder app for everything

"Do not trust your own brain for your memory," Julien Smith.

Kalo kamu belum punya seseorang yang bisa ngingetin segala kerjaan kamu, kaya pasangan hidup atau asisten pribadi misalnya, silahkan manfaatin aplikasi reminder di smartphone kamu aja ya. Hal kaya gini bakal berguna supaya kamu nggak sampe ngelewatin hal penting yang udah kamu rencanain. Jangan cuma ngandelin ingetan kamu doang, Squad. Otak manusia itu terbatas, dan yang namanya lupa kaya udah jadi kebiasaan.

"Kaya founder AMAZARA, Kak Uma Hapsari, kamu bisa make Google Calendar buat ngebantu kamu nyatetin goal, reminder, dan event."

Kalau di usia 20-an ini kamu udah jago dalam time management dan rutin ngelakuin tiga hal di atas, nggak lama lagi kesuksesan bakal jadi milik kamu. Nggak percaya? Coba deh buktiin sendiri! Sebenernya, masih ada 23 trik lagi buat ningkatin produktivitas kamu. Baca disini deh! :) Atau kamu punya cara lain yang jadi andalan soal time management? Boleh banget lho di-share di kolom komentar. Selain itu, kalau pengen usaha kamu makin famous, kamu bisa tap this link Squad! Anak muda zaman now butuh banget nih aplikasi kaya gini :D

Latest Posts