1 Pertanyaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Kamu Less Insecure. Yuk Buktiin!

1 Pertanyaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Kamu Less Insecure. Yuk Buktiin! image

FYI nih Squad according to the Cleveland Clinic, rata-rata manusia itu punya 60,000 hal yang mereka pikirin per-hari! 95 persennya bakalan dipikirin berulang kali setiap hari. Surprisingly, 80 persen isinya adalah negative thoughts. Nggak heran lagilah sekarang kalau kita para cewek super duper insecure-an banget dan bisa end up jadi crisis self confidence.

Tapi kamu udah tahu belum sih, kalau ternyata ada trik yang bagus banget buat bikin kita jadi lebih selektif dalam meminimalisir hal-hal negative yang pop up every second in our brain. Because well, buat AMAZARA we all is an unofficial expert on negative thinking :p

This trick nggak butuh waktu lama buat diaplikasiin, karena kamu tinggal ngajuin satu pertanyaan sederhana ke diri kamu sendiri. Ucapkan kalimat ‘Is this useful?’ setiap kali ada hal negatif yang comes up di pikiran kamu. Kalau menurut self-help blogger Eric Barker,

"...kita emang nggak bisa ngontrol pikiran apa aja yang muncul setiap detikknya di kepala kita, tapi kita selalu punya kesempatan buat milih mana pikiran yang bisa kita jadiin fokus dan mana yang nggak."

You can control which thought matters

Yang perlu kamu inget adalah, kita merupakan CEO dari otak kita sendiri. Even kita nggak nentuin hal apa aja yang tiba-tiba kita pikirin, tapi kita bisa kok milih mana hal yang bener-bener perlu dan pantes buat ada di pikiran kita. Kalau kamu sering banget mikir 'apa si X dan Y bakal ngomongin kamu ya kalau kamu pakai sepatu murah terus setiap hari dan nggak pernah ganti?' Atau si A dan B bakal mikir apa ya pas kamu bertingkah kaya gini atau kaya gitu?' Percaya deh, mikirin hal kaya gitu sama aja dengan buang-buang waktu. Mending kamu kelarin tugas kuliah kamu aja kan?

 

And then ask yourself: ‘Is this useful?’

Taktik ini Barker pelajarin dari seorang Buddhist mindfulness expert. Kalau hal yang kamu khawatirin emang reasonable, then you can do something about it. But if don’t, so please make your life less insecure with stop thinking too much about it Squad. 

Jadi, gimana? Gampang kan? Coba deh mulai sekarang tiap kamu mulai ngebandingin diri kamu sama orang lain, atau worried to much about something yang belum terjadi, kamu bisa takes 5 minutes buat bertanya lagi ke diri kamu tentang apa hal itu berguna atau nggak? Jeda sejenak ini penting banget dan mungkin bisa mengubah kebiasaan buruk yang selama ini kita punya.

"Banyak banget hal-hal yang sejujurnya nggak ngasih banyak manfaat dan malah bikin drop kepercayaan diri kita. Jadi, jangan sampai biarin pikiran negatif itu menguasai diri kamu ya Squad!"

Bikin pikiran kita selalu sejalan sama tujuan kita

Stop blaming people or the situation yuk. Bikin pikiran kita sejalan dengan apa yang jadi tujuan hidup kita. Jangan pernah dibalik ya. Cara sederhananya gini, kelilingin diri kita dengan orang-orang yang juga punya pikiran baik soal diri mereka sendiri. Jadi, nantinya kita bisa think less insecure, even when it comes to the size of our body or our skin colour.

Nggak gampang emang buat stay positive all the time dan bikin hidup bener-bener 100% secure—tapi kalau ngebahagiain semua orang itu mustahil, kenapa nggak mulai fokus buat ngasih kebahagiaan buat diri sendiri dulu dengan ngurangin insecure mulai dari sekarang? Yuk yuk!

Kalau kamu punya tips atau cara lainnya, boleh di-share di kolom komentar ya. Dan btw, nggak cuma over insecure aja lho Squad yang nggak bagus buat hidup kamu, tapi kebanyakan main sosmed pun banyak dampak negatifnya. Tap this link yuk buat tahu apa aja bahayanya :)

Latest Posts