Lawan PMS yang Bikin Ribet Lewat Makanan Enak Ini

Nggak tahu asalnya dateng dari mana, tapi kalo denger kata PMS (premenstrual syndrome) yang pop up di dalem pikiran kita pasti sosok cewek galak, yang nggak pernah salah, yang suka nangis padahal nggak ada alesan buat sedih. Setelah itu muncul deh bayangan cewek yang mukanya ngerenyit terus karena sakit perut, minta ini itu nggak jelas, bahkan kadang sampe nggak mau keluar dari kamar. Hmm.. padahal ya, banyak juga lho, cewek yang PMS tapi tetep stay cool aja, tetep manis senyumnya, tetep bisa aktivitas dan olahraga rutin. Bisa jadi nih, cewek-cewek ini udah mengkonsumsi makanan yang bisa bikin mereka tetap calm menghadapi si tamu yang tiap bulan dateng ini. Karena kalo dilansir dari Fitness Magazine, ada jenis makanan tertentu yang bisa ngebantu kita cewek-cewek buat nangkal gejala PMS yang udah mulai ganggu kehidupan kita.

Justin Shelton, DO, dokter kebidangan dan kandungan di Albert Einstein Medical Center, Philadelphia ngebagi infonya nih buat kita, Squad! Tipsnya biar tetep calm waktu PMS adalah ningkatin pengetahuan soal makanan apa aja yang bisa ngurangin kram, emosi, dan juga mood jelek.

ALPUKAT

AmazaraSquad udah pada tahu dong ya kalo alpukat kaya sama vitamin dan mineral. Kalo one day kamu ngalamin menstruasi dan ngerasa perut kamu kaya dipelintir, jangan buru-buru minum obat ya, cobain dulu deh makan potongan alpukat. Kamu bisa bikin jadi salad atau smoothie. Karena alpukat kaya asam lemak Omega-3 yang bisa membantu kamu ngurangin inflamasi dan nyeri pas haid. Ini sih kalo kata Kristen Carlucci, RDN, ahli gizi asal New York.

SALMON

Salah satu makanan yang bisa memerangi lesu pas haid adalah ikan laut, karena mereka kaya sama asam lemak esensial DHA dan EPA yang oke banget buat benerin mood kamu. Selain dari salmon kamu bisa dapet asupan asam lemak dari kacang almond dan minyak zaitun, yang juga oke banget buat keseatan, terutama selama datang bulan.

KACANG BASIL

Selalu jerawatan pas lagi mau haid? Bisa jadi kamu kurang nutrisi dan antioksidan. Nah kamu bisa dapetin ini dari kacang basil. Kacang basil baik banget buat ngurangin jerawat kamu yang betebaran selama siklus menstruasi berjalan. Selain kaya nutrisi, kacang basil juga mengandung selenium, vitamin E dan asam lemak yang bisa bikin kulit lembab dan meredakan peradangan kulit waktu jerawatan.

YOGHURT TANPA LEMAK

Kenapa tanpa lemak, karena yoghurt yang manis jelas bakalan bikin kamu gendut. Mengkonsumsi Yoghurt bisa bikin kram perut hilang lho Squad, setiap kali kamu lagi haid. Kecenya lagi, Yoghurt bisa ngurangin nafsu makan berlebih yang kamu alamin tiap kali PMS. Ini semua dijelasin sama Jolene Brighten, ND, dokter nturopati hormonal wanita asal Oakland, California.

COKLAT HITAM

Everybody’s love chocolate, alhamdulillahnya, makan coklat hitam selama PMS bisa naikin produksi hormone endorphin yang bikin mood jadi oke. Coklat juga bikin aliran darah ke otak meningkat. Jadi nggak ada namanya kurang fokus setiap kali lagi haid.

See Squad, selalu ada solusi untuk semua masalah yang mesti kita hadapi setiap kali harus ngadepin yang namanya PMS. Jangan sampe lagi ya, PMS kamu bikin orang-orang kesayangan jadi ngejauh karena kamu bersikap nyebelin atau nyusahin. Ada yang punya pengalaman seputar PMS yang seru? Boleh banget dishare di kolom komen ya! Siapa tahu kamu yang beruntung dapetin free gift dari Amazara :D

teks: falafu

source: fitnessmagazine

Latest Posts