Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Suede itu adalah bahan sepatu paling populer tapi juga paling banyak dihindarin sama cewek. Soalnya banyak yang ngerasa kalo ngerawat dan bersihin bahan suede itu susah. Nggak susah kok sebenernya Squad, cuman emang cukup tricky aja. Ikutin cara di bawah ini yuk!

1. Pakai sikat gigi berbulu lembut buat ngilangin noda di permukaan sepatu

Pakai sikat gigi kering

Buat perawatan rutin, kamu bisa make sikat yang lembut pelan-pelan. Soalnya, debu sering banget bersarang diempuknya permukaan suede.

2. Kalo ada noda bandel, mending kamu pake stain-remover / sabun cair aja

Pakai sabun cair dan sedikit air

Kamu bisa manfaatin stain remover atau suede protector yang berupa cairan dan bisa disemprotin ke noda membandel yang ada di sepatu suede. Nggak usah bingung, suede protector udah banyak kok di supermarket dan toko-toko sepatu. Atau kalau mau lebih gampang, kamu bisa manfaatin sabun cair di rumah.

3. Buat ngilangin noda yang mengandung garam, kamu bisa manfaatin cuka, Squad!

Tuang cuka di wadah dulu, baru gunakan sikat buat bersihin noda

Noda yang mengandung garam itu biasanya berasal dari makanan atau minuman. Tenang aja, bau cuka nggak bakal bertahan lama kok, lama-lama juga bakalan ilang.


4. Kalo ada bercak kotor jangan cuman dibersihin di bagian yang kotor aja, tapi semuanya

Sikat semua bagian, tanpa terkecuali

Kalau nemuin ada noda atau bercak kotor di bahan suede kamu, jangan cuman make air buat bersihin sepatu di bagian yang bernoda itu aja ya. Kamu juga harus ngebersihin semua permukaan sepatu make sikat dan sedikit air biar nggak ada perubahan warna.


5. Gunakan Bedak Tabur atau Corn Meal

Nggak perlu banyak-banyak, secukupnya aja

Kalau kamu numpahin cairan ke sepatu suede kamu, tepuk-tepuk area tersebut dengan kain bersih atau handuk dan kemudian oleskan satu lapis tepung jagung atau bedak tabur. Diemin semaleman, dan besok paginya gunakan sikat gigi buat menghapus bubuk yang tertinggal.


Jadi, udah siap bikin sepatu suede kamu makin kinclong? Nggak cuman bisa beli, kamu juga harus bisa cara ngerawatnya. Take a good care of your shoes, Squad!