Cara Membersihkan Sepatu Bahan Knit

Sepatu sneakers yang berbahan knit (mirip seperti rajutan) ini emang lagi hip banget di kalangan anak muda. Tapi sayangnya perawatan knit sneakers emang gampang-gampang susah ya, Squad. Kalau kita nggak bener cara merawatnya, bisa-bisa sepatu jadi rusak.  Tapi tenang aja, AMAZARA punya tips buat kamu kok. Simak baik-baik ya!

1. Pakai hand sanitizer

Pakai hand sanitizer
Nggak cuman buat ngilangin kuman di tangan kamu, tapi hand sanitizer juga bisa ngilangin noda di sepatu kamu lho. Caranya, oles pakai lap ke bagian yang kotor dan gosok pelan-pelan.

2. Gunakan kain lap dulu

Pakai kain bersih yang sudah direndam air dan sabun
Pakai kain lap bersih yang udah direndam selama beberapa saat di dalam cairan sabun cuci piring yang ditambah air. Peras kain, lalu gosok ke permukaan knit sneakers yang kelihatan kotor. Kalau udah, bilas pake air bersih menggunakan kain juga ya.

3. Kalau masih kotor, pakai sikat gigi

jangan pakai detergen
Karena bahan knit gampang rusak, sikatnya pelan-pelan aja dengan gerakan memutar. Cara bersihinnya, kamu cuma butuhin air sama sabun cair air aja (jangan pakai detergen ya!). Untuk outsole-nya, bersihin pakai pasta gigi.

4. Kalau udah, keringkan pakai kain

letakkan sikat dan ambil kain
Ambil kain kering, dan lap dengan lembut sneakersmu. Bisa juga kamu masukkan gumpalan kertas koran ke dalam sepatu, gunanya agar cairan bekas cuci meresap ke koran.

 

5. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung
angin-anginkan di tempat sejuk

Selesai dibersihkan, sepatu berbahan knit kamu cukup dilap sama tissue atau lap halus lainnya. Setelah itu cukup diangin-anginkan, jangan pernah jemur di bawah sinar matahari langsung ya!

Bahan ini sekarang jadi favorit karena punya serat yang membentuk lubang-lubang kecil dan memungkinkan udara masuk. Jadi, sepatu bahan knit nggak gampang bau. Jangan sekali-kali mencuci basah apalagi merendam knit sneakers kamu ya, Squad!